Home / Polkam / Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Paket Tunas

Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Paket Tunas

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ibrahim Medah- Melki Laka Lena

Ibrahim Medah- Melki Laka Lena

NTTTERKINI.COM, Kupang – Mahkamah Konsitusi (MK) dalam putusannya dengan tegas menolak gugatan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Golkar, Ibrahim Agustinus Medah- Emanuel Melkiades Laka Lena (Tunas), karena tidak terbukti.

“MK menolak semua permohonan pemohon atas gugatan yang diajukan terkait pemilu kepala daerah (Pilkada) Gubernur NTT,” kata juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan yang dihubungi wartawan, Senin, 29 April 2013 petang.

Sidang putusan itu dipimpin Ketua majelis hakim MK, Agil Mochtar didampingi sembilan anggota majelis hakim. Sidang putusan terhadap gugatan paket Tunas itu berlangsung pada pukul 14. 30 WIB dengan nomor 29/PHPU. D-XI/2013. Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan, MK menolak semua permohonan pemohon.

Baca Juga :  Pilgub NTT, Demokrat Hampir Pasti Usung BKH

“Dasar penolakan MK adalah materi gugatan paket Tunas tidak terbukti dan tidak dapat dibuktikan menurut hukum,” katanya.

Kuasa hukum KPU NTT, Yanto MP Ekon menyampaikan, majelis hakim MK menolak gugatan paket Tunas selaku pemohon, karena tidak mampu membuktikan dalil- dalil gugatan. Selain itu, MK dalam putusannya mengatakan, KPU selaku termohon mampu membuktikan bahwa dalam pilgub NTT tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran seperti yang termuat dalam berkas gugatan.

Dasar gugatan paket Tunas adalah menyangkut hilangnya suara pasangan calon yang diusung Partai Golkar itu pada pilgub 18 Maret 2013 lalu. Misalkan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak 1.222 suuara paket Tunas yang dialihkan ke pasangan calon gubernur Esthon Foenay dan Paul Tallo di delapan TPS di TTS. Dengan ditolaknya gugatan oleh MK, maka Pilkada Gubernur NTT putaran kedua akan dilaksanakan, 22 Mei 2013. (Rit)

Baca Juga :  Dua Pasangan Cagub Klaim Menang Pilgub Putaran II

 

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]