Home / Sosbud / Maret 2013, Gunung Rokatenda Tiga Kali Meletus

Maret 2013, Gunung Rokatenda Tiga Kali Meletus

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Gunung Rokatenda Meletus

Gunung Rokatenda Meletus

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gunung api Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, 31 Maret 2013, sekitar pukul 15.00 Wita meletus lagi, dan menyemburkan abu vulkanik ke pemukiman penduduk.

“Rokatenda meletus lagi, sekitar pukul 15.00 Wita kemarin,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT, Tini Thadeus yang menghubungi NTTTERKINI.COM, Senin, 1 April 2013.

Letusan ini menyebabkan semburan abu vulkanik setinggi mencapai 1.500- 2000 meter dari puncak gunung. Namun, diakuinya, secara visual tidak nampak semburan abu vulkanik, karena tertutup awan.

Walaupun abu vulkanik mengarah ke pemukiman warga, namun tidak berdampak, karena hampir sebagian besar warga di Pulau Palue telah mengungsi ke Maumere, Sikka dan Maurole, Ende.

Baca Juga :  Jokowi Akan Hadiri Perayaan HUT NTT

Letusan kali ini, katanya, merupakan letusan kelima yang cukup besar, sejak meletus pada Oktober 2012 yang menyebabkan ribuan warga mengungsi. Letusan kedua pada Februari 2013, dan selama Maret 2013 sudah terjadi tiga kali letusan. “Letusan-letusan kecil masih terus terjadi,” katanya.

Gunung Rokatenda dengan ketinggian 875 meter di atas permukaan laut masih berstatus siaga. “Statusnya masih siaga,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]