Home / Polkam / Masa Berlaku e-KTP Seumur Hidup

Masa Berlaku e-KTP Seumur Hidup

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), David Mangngi menegaskan semua Kartu Tanda Penduduk Elektronik (eKTP) berlaku seumur hidup meski telah tertera masa berlakunya.

“Meski ada e-KTP yang masih tertulis masa berlaku, tidak perlu diperpanjang karena tetap disamakan dengan seumur hidup atau tidak perlu diganti,” kata Kadisdukcapil Kota Kupang, David Mangngi, Rabu, 26 Juli 2017.

Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 24 tahun 2013 perubahan atas UU 23 tahun 2006 disebutkan e-KTP memiliki masa berlaku seumur hidup, sehingga semua e-KTP yang ada pada warga yang masih terdapat masa berlaku tidak perlu diperpanjang, karena telah dianggap berlaku seumur hidup.

Baca Juga :  Gubernur Surati Mendagri Terkait Pilkada Belu

“Jadi warga yang sudah memiliki e-KTP tidak perlu mengurus kembali walau telah habis masa berlaku yang tertera. Kecuali ada perubahan data penduduk,” tambah David.

Dia mengatakan permintaan pegurusan e-KTP yang baru hanya bisa dilakukan, jika ada perubahan data penduduk diantaranya pindah alamat domisili, kesalahan pengetikan nama, perubahan fisik e-KTP seperti patah atau rusak, dan kehilangan e-KTP. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]