Home / Pendidikan / Masalah Tanah Hambat Pembangunan SDN Tenau

Masalah Tanah Hambat Pembangunan SDN Tenau

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Dan Hurek saat menerima pengaduan masyarakat Tenau

NTTTERKINI.COM, Kupang – Rencana Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tenau terhambat masalah tanah yang berada dalam kawasan hutam lindung.

Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Kupang, Alan Girsang mengatakan lokasi SD tersebut memang masuk dalam aset kawasan hutan lindung kota, sehingga masih tersangkkut persoalan dalam penerbitan sertifikat tanah, sehingga belum dapat dilakukan pembangunan fisik sekolah.

“Lokasi tanah tersebut masih dalam proses, karena masih termasuk dalam aset kawasan hutan lindung kota,” kata Alan Girsang,

Lokasi tanah SD Negeri Tenau masuk dalam wilayah kecamatan Alak yang ditetapkan sebagai kawan Hutan Lindung berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2011.

Baca Juga :  Jokowi: Keluarga Berperan Aktif Perkembangan Anak

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kota Kupang (NTT), Thomas More mengatakan Kecamatan Alak masuk dalam kawasan Hutan Lindung (HL) Kota, karena banyak lokasi tanah yang tidak memiliki sertifikat di wilayah tersebut.

“Masih banyak lokasi tanah yang belum ajukan permohonan untuk sertifikat hak tanah, tapi yang jelas kawasan kecamatan Alak masih dalam kawasan Hutan Lindung kota,” kata Thomas, Selasa, 7 Agustus 2018.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Daniel Hurek mengatakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tidak mengintervensi pembangunan infrastruktur pada lokasi SDN Tenau, karena terbentur legalitas status hak tanah yang belum bersertifikat.

“Sampai hari ini, lokasi sekolah tersebut belum memiliki kejelasan status tanah, dengan alasan karena lokasi tersebut masuk dalam kawasan hutan sehingga sertifikat tidak dapat di terbitkan oleh BPN,” kata Daniel Hurek. (Lid)

Share Button
Baca Juga :  Dispendik Hentikan Kelas Akselarasi SMP Timpolmas

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]