Home / Ekbis / Mbilijora: Plt Dirut Bank NTT Harus Tunduk Pada Putusan OJK

Mbilijora: Plt Dirut Bank NTT Harus Tunduk Pada Putusan OJK

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Gideon Mbilijora

NTTTERKINI.COM, Kupang – Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora mengingatkan kepada Pelaksana tugas (Plt) Dirut Bank Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk tunduk pada keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Plt harus tunduk pada OJK, sehingga wajib diikuti keputusannya,” kata Gideon kepada wartawan, Kamis, 24 Mei 2018.
 
Menurut dia, pemegang saham besok, 25 Mei 2018 akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) guna mendengar penjelasan terkait fit and propertest bagi para calon Direksi. “Kami akan minta penjelasan OJK, kenapa dua calon direksi itu tidak lulus,” katanya.

Jika tidak lulus apakah perlu dilakukan pergantian, kata Gideon, RUPS akan melihat pada aturan perbankan, sehingga bank tidak bermasalah. “Kalau tidak lulus, kita lihat UU Perbankan agar bank ini tidak bermasalah,” tegasnya.
 
Hal senada diungkapkan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya bahwa akan menghadirkan OJK untuk menjelaskan alasan dua calon direksi tidak lulus fit and propertest. “Besok, kita akan hadirkan OJK dan pertanyakan kenapa tidak lulus,” tegasnya.

Baca Juga :  29 Juni, Bank NTT Akan Gelar RUPS LB 

Berdasarkan perturan OJK No 27/2016, pasal 2 ayat 4 menyebutkan calon direksi, calon anggota dewan komisaris dan/atau calon dewan pengawas komisaris yang belum memperoleh persetujuan OJK dilarang melakukan tindakan atau tugas dan fungsi sebagai anggota direksi, anggota dewan komisaris, atau dewan pengawas syariah LJK, walaupun telah mendapat peraetujuan diangkat oleh RUPS.

Calon direksi hasil RUPS Maumere diusulkan emoat calon direksi, diantaranya Dirut Eduardus Bria Seran, Dirum Thadeus Sola, Dirpem Dana Alexander Riwu Kaho, Dirkep Hilarius Minggu.

Dari empat calon itu, dua diantaranya tidak lolos seleksi di OJK yakni Calon Direktur Utama dan Calon Direktur Umum. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]