Home / Polkam / Megawati: Dana Bansos Itu Uang Rakyat

Megawati: Dana Bansos Itu Uang Rakyat

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan dana bantuan sosial (Bansos) adalah uang rakyat. Jadi jangan ada yang mengklaim bahwa dana itu miliknya.

“Jangan ada yang berpikir bahwa dana Bansos itu adalah uang miliknya dia,” kata Megawati Soekarnoputri saat kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Beny Litelnony, Rabu, 13 Maret 2013.

Pernyataan itu disampaikan Megawati terkait kecurangan dan politik uang (Money politik) saat pemilu kepala daerah (Pilkada) yang negara ini. “Saya banyak temukan banyak kecurangan pilkada. Kalau mereka yg banyak beri org uang. Drmana uang itu,” katanya.

Megawati justru mempertanyakan dana pilkada yang dikucurkan para calon gubernur yang mencapai angka Rp 300 miliar yang dibagi-bagikan ke masyarakat, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per orang. “Kalau dia pengusaha, mungkin. Tapi kalau pejabat, sama saja dengan PNS, darimana uang itu,” tanya dia.

Baca Juga :  Kota Kupang Kurangi Anggaran Perjalanan Dinas

Megawati mengatakan, jika ada pemimpin yang memberikan uang melalui dana Bansos, dan diklaim bahwa dana itu sumbangan darinya itu salah. “Enak aja, itu duit negara. Dipikirkan bansos itu sumbangan dia,” tegasnya.

Karena itu, dia menghimbau masyarakat agar tidak tergiur uang yang dibagikan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur agar memilih mereka pada Pilkada nanti. “Khususnya ibu-ibu, iman harus kuat. Jangan pilih pemimpin yang beri uang,” katanya.

Untuk diketahui, kasus dugaan penyalahgunaan dana Bansos tahun 2010 sebesar Rp 74 miliar di lingkup pemerintahan provinsi NTT, telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dugaan penyalahgunakan dana itu, yakni untuk sewa pesawat ke beberapa daerah, perjalanan dinas ke China serta sejumlah penggunaan yang tidak sesuai peruntukan. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]