Melki Laka Lena: Peran BPOM Perlu Diperkuat

0
720
Sosialisasi BPOM
Sosialisasi BPOM

NTTTERKINI.COM, Kupang –  Wakil Ketua komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Melki Laka Lena mengatakan peran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) harus diperkuat melalui anggaran agar bekerja secara baik sesuai dengan kewenangan dan tugas melindungi masyarakat melalui informasi dan edukasi obat dan makanan layak konsumsi.

“Kami tidak bisa mengurus teknisnya, tetapi kami memastikan peran BPOM sesuai kewenangan dan tugas serta memastikan anggaran mereka cukup agar dapat bekerja dengan baik,” katanMelki Laka Lena saat membuka sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan, Rabu, 11 Desember 2019.

Menurut dia, peran BPOM dalam pengawasan, edukasi dan sosialisasi keamanan makanan dengan melibatkan masyarakat merupakan bentuk pemberdayaan yang dapat berdampak kemandirian tiap individu dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman.

Kepala Sub Direktorat Inspeksi Pangan Steril Komersil, Chairun Nissa mengatakan kejadian keracunan makanan masih sering terjadi di
kalangan masyarakat. Hal tersebut akibat kurang informasi terkait melihat dan memilih produk makanan yang aman.

“Masyarakat harus paham benar memilih dan mengkonsumsi makanan yang aman agar semakin cerdas dan kejadian keracunan tidak terjadi lagi,” kata Chairun Nissa.

Jenis makanan segar dan buah-buahan wajib di cuci sebelum diolah atau di makan, sedangkan khusus makanan dalam kemasan, pastikan aman dan layak konsumsi dengan cara menerapkan cek Kemasan, Label, Izin edar
dan Kedaluwarsa (KLIK). (Lid)

Komentar ANDA?