Home / Polkam / Mendagri Minta Gubernur Usulkan Pelantikan MDT- DT

Mendagri Minta Gubernur Usulkan Pelantikan MDT- DT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Gamawan Fauzi

Gamawan Fauzi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi meminta Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya segera mengusulkan calon bupati dan wakil bupati Sumba Barat Daya terpilih, Markus Dairo Tallu- Ndara Tanggu Kaha (MDT-DT).

Permintaan tersebut disampaikan Mendagri melalui suratnya yang juga dikirim kepada Presiden RI, Ketua DPRD SBD dan Ketua KPU SBD, setelah mencermati terbitnya putusan Mahkamah Konstitusi tanggal 24 Agustus 2013 dan hasil konsultasi pada 14 November 2013 terkait sengketa pilkada SBD.

Dalam surat yang diterima wartawan, Selasa, 7 Januari 2014 menyebutkan pemungutan suara pemilu kepala daerah (Pilkada) SBD tahun 2013 telah selesai, berdasarkan keputusan KPU setempat melalui pleno penetapan calon terpilih pada 10 Agustus 2013. Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Markus Dairo Talu dan Ndara Tanggu Kaha ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih karena meraih suara terbanyak dalam pilkada SBD.

Baca Juga :  Esthon- Paul dan Frenly Bakal Bertarung di Putaran Kedua

Keputusan tersebut telah dikuatkan dengan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 103/PHPU.D-XI/2013 pada 29 Agustus 2013. Menurut Mendagri, rapat pleno ulang yang dilaksanakan KPU SBD bersama kepolisian pada 26 September 2013 yang merevisi dan membatalkan hasil pleno sebelumnya yang ditetapkan dengan keputusan baru merupakan tindak pidana. Sehingga tidak terkait dengan perselisihan hasil penghitungan suara pilkada. “Pleno itu tidak mempengaruhi proses Pilkada SBD yang telah berlangsung,” katanya.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengaku belum mengusulkan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih karena terdapat dua usulan yang diajukan kepada dirinya. Sebelumnya, menurut Frans, KPU dan DPRD SBD mengusulkan calon terpilih MDT- DT, namun usulan itu dicabut dan diusulkan lagi pasangan calon Kornelis Kodi Mete- Daud Lende Umbu Moto. “Ada dua usulan yang masuk, dan usulan pertama dibatalkan dan diganti dengan usulan kedua,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]