Home / Pendidikan / Mendikbud Buka Munas Pramuka

Mendikbud Buka Munas Pramuka

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Munas Pramuka

Munas Pramuka

NTTTERKINI.COM, Kupang – Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Mohamad Nuh, Selasa, 3 November 2013 membuka dengan resmi musyawarah nasional (Munas) gerakan Pramuka di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hadir dalam munas tersebut Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Roy Suryo, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Gubernur Sulawesi Selatan, Yasim Limpo serta perwakilan dari kwartir di 34 provinsi se-Indonesia.

Mendikbud Mohamad Nuh berharap umur gerakan pramuka bisa sampai 100 tahun pada tahun 2045, karena tantangan semakin berat dan kompleks. “Saya berharap umur pramuka bisa sampai 100 tahun, seperti HUT RI,” katanya.

Gerakan Pramuka, katanya, sejalan dengan cita-cita bangsa dan negara Indonesia. Gerakan pramuka, menurut dia, terdapat empat peran yg dimainkan, gerakan pramuka harus menjadi suporter untuk mendukung segala upaya kemajuan negara ini. “Jangan hanya sebagai suporter, tapi harus juga sebagai penggerak, naik lagi jadi pemungkin,” katanya.

Baca Juga :  Desty Novanto-Baktiasih Yoga Ingatkan Siswa Hindari Narkoba

Dia juga berharap pramuka bisa lebih atraktif untuk menarik anak-anak tertarik masuk sebagai anggota pramuka. “Anak-anak masuk pramuka, maka pramuka harus atraktif,” katanya.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengatakan, pendidikan pramuka bisa menerbitkan pemimpin yang berkarakter. “Pendidikan karakter terabaikan dalam diri anak bangsa,” katanya.

Situasi aktual, katanya, melemahnya spirit toleransi, keadilan dan korupsi yang semakin menggurita. Karena itu, gerakan pramuka harus menjadi tongkat 4 pilar kebangsaan, untuk meluruskan kembali keadaan bangsa, sehingga tidak tergerus dengan arus globalisasi. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]