Home / Pendidikan / Mendikbud: Pendidikan NTT Urutan Tiga Terbawah di Indonesia

Mendikbud: Pendidikan NTT Urutan Tiga Terbawah di Indonesia

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Muhadjir Effendy

Muhadjir Effendy

NTTTERKINI.COM, Kupang – Menteri Pendidikan RI Muhadjir Effendy menyebutkan pendidikan di NTT masih berada di urutan ketiga terbawah secara nasional, setelah Papua dan Papua Barat. Karena itu dibutuhkan perhatian, sehingga bisa setara dengan daerah lain.

“Pendidikan NTT nomor 3 dari bawah. Ini bukan menjelek-jelekan, tapi fakta. Sesuai perintah presiden untuk mempercepat pendidikan di NTT agar setara dengan daerah lain,” katanya kepada wartawan di Kupang, Minggu, 7 Januari 2017.

Menurut dia, pencapaian ujian nasional (UN) mulai dari tingkat SMP dan SMA masih berada di bawah rata- rata standar nasional. Karena itu, pihaknya akan percepat jumlah sekolah yang mengikuti UN online, terutama SMP yang masih tertinggal. “Kami akan bantu alat (Komputer) agar sekolah- sekolah di NTT sudah bisa menggelar UN online,” ujarnya.

Baca Juga :  Dari 52 Ribu, Hanya 28 Ribu Siswa di NTT Ikut UNBK

Selain itu untuk mempercepat pembangunan pendidikan di NTT, kata dia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2018 menggelontorkan dana sebesar Rp 959 miliar untuk peningkatan mutu pendidikan di NTT. “Bantuan dari Kemendikbud untuk NTT sebesar Rp 959 miliar untuk PAUD, SMP, SMA/SMK, kebudayaan dan sertifikasi guru,” katanya.

Dia mengatakan dana yang digelontorkan ke NTT ini lebih besar, dibanding tahun sebelumnya. “Hal itu untuk meningkatkan mutu dan akses pendidikan,” ujarnya.

Pada 2017, kata dia, pihaknya juga telah mengirimkan sebanyak 1.200 guru dari 6000 guru garis depan (SM3T) untuk meningkatkan mutu pendidikan di NTT. Guru- guru yang direkrut itu akan bertugas di desa-desa dengan jangka waktu 5 tahun.

Baca Juga :  Kota Kupang Kekurangan 900 PNS

“Tahun ini, guru garis depan akan kami prioritaskan bagi anak daerah. Dari guru honorer yang akan diangkat menjadi PNS, sehingga tidak ada pikiran untuk pindah,” ujarnya. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]