Home / Pendidikan / Mendikbud Putuskan UN di NTT Diundur

Mendikbud Putuskan UN di NTT Diundur

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Klemens Meba

Klemens Meba

NTTTERKINI.COM, Kupang – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhamad Nuh memutuskan untuk mengundurkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang dijadwalkan, Senin, 16 April 2013 diundur hingga Jumat, 19 April 2013.

Pengunduran itu disebabkan terlambatnya pendistribusian soal UN dari pemerintah pusat ke daerah. Pasalnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) NTT baru mendistribusikan soal UN ke Kabupaten/kota, Sabtu, 14 April 2013. “Mendikbud sudah umumkan pelaksanaan UN NTT hari pertama diundur,” Kepala Dinas PPO NTT, Klemens Meba kepada wartawan di Kupang, Sabtu, 14 April 2013.

Menurut dia, lambanya pendistribusian soal UN dipantau langsung Mendikbud di percetakan yang dipercayakan menggandakan soal UN tersebut. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana penggadaan dan pendistribusian diserahkan ke Dinas pendidikan provinsi.

Baca Juga :  Merpati Tergelincir di Bandara El Tari Kupang

Pengunduran jadwal UN hari pertama itu, menurut dia, hanya untuk pelaksanaan UN tingkat SMA dan kesetaraan Paket C pada hari pertama, sedangkan pelaksanaan UN hari kedua dan ketiga berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. “Tidak semuanya diundur, hanya hari pertama UN,” katanya.

Dia mengaku telah lakukan koordinasi dengan Dinas PPO kabupaten/kota untuk memnghimbau agar guru dan murid tetap mempersiapkan diri dan tidak terganggu dengan keterlambatan pendistribusian soal UN ini.

Walaupun mengalami penundaan, namun Klemens menjamin tidak akan terjadi kebocoran soal UN, kendaati pelaksanaannya tidak dilakukan bersamaan dengan daerah lainnya. “Kami jamin, tidak mungkin ada kebocoran soal UN. Kami juga mengimbau agar peserta UN tidak terkecoh dengan beredarnya berbagai kunci jawaban UN,” katanya. (Avi)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]