Home / Sosbud / Monsun Timur Sebabkan Suhu Dingin di NTT

Monsun Timur Sebabkan Suhu Dingin di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi Cuaca Buruk

Ilustrasi Cuaca Buruk

NTTTERKINI.COM, Kupang – Aktifitas Monsun Timur yang melanda NTT menyebabkan suhu minimum yang cukup rendah dibawah kisaran 20 derajat celcius. Monsun timur ditandai dengan dominannya angin timur dengan kecepatan tinggi.

“Tidak ada badai, namun monsun timur sebabkan angin kencang dan suhu dingin,” kata Kepala Seksi Informasi dan Observasi BMKG Klas II El Tari Kupang, Syaiful Hadi, Rabu, 3 Juli 2013.

Daerah dengan elevasi tinggi, akibat monsun Timur ini yakni Kefamenanu, Soe, Kabupaten Kupang, Ruteng, dan Bajawa. “Suhu terendah dapat mencapai dibawah 20 derajat celcius,” katanya.

Hal itu disebabkan tekanan udara di wilayah Australia yang mencapai 1.036 minibar (mb) sehingga menyebabkan tekanan udara di wilayah NTT berkisar 1.013 mb, disertai angin timur yang berhembus dari daerah bertekanan tinggi di Australia menuju daerah bertekanan rendah di Asia melalui wilayah Indonesia dengan kecepatan tinggi, terutama sebagian besar wilayah NTT dengan kecepatan angin maksimal 50 kilometer (km) per jam.

Baca Juga :  Cuaca Buruk, Sejumlah Penerbangan Delay

Monsun timur juga menyebabkan tingginya gelombang laut di perairan NTT bagian utara mencapai 2,5-3,5 meter, bagian selatan dapat mencapai 3,5-5 meter. “Kondisi ini diperkirakan masih akan terjadi dua hari ke depan,” katanya.

Cuaca buruk itu mengakibatkan PT Aangkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) menutup penyebrangan ke semua lintasan di daerah ini, serta ratusan nelayan yang tidak melaut sepekan terakhir ini. (Ado)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]