Home / Kesehatan / Musim Hujan, Kota Kupang Waspada DBD dan Diare

Musim Hujan, Kota Kupang Waspada DBD dan Diare

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
dr Ary Wijana

dr Ary Wijana

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghimbau warga waspada serta mengantisipasi peningkatan kasus penyakit Diare dan Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat kondisi cuaca di musim penghujan.

“Pada musim penghujan, dampak yang ditimbulkan yakni muncul dan berkembang berbagai penyakit menular, seperti diare dan DBD, maka kami himbau warga perlu mawas dan menjaga kebersihan agar terhindar dari penularan penyakit itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ari Wijana Putra, Jumat, 12 Januari 2018.

Berdasarkan data Dinkes Kota Kupang, kasus penderita penyakit DBD hingga Desember 2017 sebanyak 129 kasus dan di awal Januari 2018 tercatat sebanyak 4 kasus penderita DBD.

Baca Juga :  Pelayanan RSUD Johanis Kupang Dikritik Warga

DBD merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan resiko kematian disebabkan virus Dengue yang
ditularkan melalui nyamuk, sehingga perlu diwaspadai dengan menjaga kebersihan.

“Untuk penyakit DBD, sampai saat ini belum ada obatnya, dan dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, sehingga perlu diwaspadai dengan menjaga kebersihan selama musim penghujan,” tambah Ari Wijana.

Warga Kota Kupang juga dihimbau mewaspadai penularan penyakit diare yang disebabkan virus dan bakteri yang terbawa pada makanan dan minuman yang di konsumsi, akibat kurang higenis dan sanitasi. Diare juga termasuk jenis penyakit menular yang berbahaya dan dapat menimbulkan resiko kematian. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]