Natal Bersama Alor, Panitia Targetkan Dihadiri 3 Ribu Orang

0
607

Konfrensi Pers IKKA

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ikatan Keluarga Kepulauan Alor (IKKA), Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar Natal Bersama di Gelanggang Olahraga (GOR) Oepoi Kupang ditargetkan akan diihadiri 3 ribu orang dari etnik Alor. 
“Kami targetkan akan dihadiri 3 orang. Namun tidak menutup kemungkinan bagi semua warga Alor yang ingin hadir. Silahkan saja,” kata Ketua Panitia Natal IKKA, Daniel Tonu saat konfrensi pers, Jumat, 17 Januari 2020.
Dia mengatakan, total seluruh warga Alor yang tinggal di Kota Kupang mencapai 22 ribu orang, tapi IKKA hanya targetkan 3 ribu yang hadir. “Kegiatan ini mengakomodir seluruh etnik Alor yang ada di Kupang,” katanya.
Natal bersama ini mengangkat tema “Menjadi sahabat bagi sesama”. Orang Alor juga ingin menjadi sahabat bagi sesama.
Acara tersebut akan diisi dengan pergelaran budaya, seperti tarian dari etnik Alor, seperti lego-lego dan cakalele. “Untuk tamu undangan akan disambut dengan tarian lego-lego, sedangkan tamu VIP akan disambut dengan tarian Cakalele,” katanya.
Acara itu juga akan diisi dengan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi lokal, sambil menunggu konfirmasi dari manajemen Andmes Kamaleng untuk hadir. “Yang hampir pasti hadir yakni Yabes Robi,” katanya.
Adapun acara  lainnya yakni tutur menggunakan bahasa yang hampir punah asal Alor yakni Bahasa Kofoa dan Kui. Dua bahas asal Alor Barat Daya (Abad) itu akan ditutur agar tidak dilupakan. 
“Kedua bahasa ini jarang digunakan warga, sehingga terancam punah. Bahkan, ada seseorang yang bisa bahasa itu, tapi tak bisa untuk terjemahkan,” humas panitia, Barca Manilapai.
Dia mengaku pihaknya ingin melestarikan bahasa itu, karena setelah dilakukan pengecekan di unit bahasa, kedua bahasa belum masuk. “Untuk menjaga agar tidak punah, maka harus dilestarikan,” katanya.
Acara tersebut akan dihadiri oleh tokoh masyarakat Alor, seperti Wakapolda NTT, Johni Asadoma, mantan anggota DPR RI, Imanuel Blegur dan masih banyak lagi. (Ado)

Komentar ANDA?