Home / Ekbis / Novanto Center Siap Bantu Petani Lele di Kupang

Novanto Center Siap Bantu Petani Lele di Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Setya Novanto dan Ibu saat menabur ikan lele di Bakunase (by Jhon Seo)

Setya Novanto dan Ibu saat menabur ikan lele di Bakunase (by Jhon Seo)

NTTTERKINI.COM, Kupang – Anggota DPR RI, Setya Novanto menyatakan siap membantu petani ikan lele di Kelurahan Bakunase, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengembangkan budidaya ikan lele yang dikembangkan kelompok tani di daerah itu.

“Kami dari Novanto Center (NC) siap membantu para petani ikan lele di daerah ini,” kata Setya Novanto ketika berkunjung ke petani lele di daerah itu, Rabu, 12 Juni 2013.

Novanto mengaku sudah berbicara dengan komisi IV DPR RI untuk mendorong kementrian perikanan agar membantu petani lele di daerah ini. “Saya sudah telepon ketua komisi IV, dia nyatakan siap membantu, hanya menunggu proposal,” katanya.

Baca Juga :  Ribuan Guru di NTT Belum Tersertifikasi

Novanto juga berjanji akan mempertemukan petani lele di daerah ini dengan Menteri Perikanan untuk membantu mengembangkan budidaya lele yang telah menembus pasar internasional. “Kami siap membantu untuk memasarkan budidaya lele ini ke negara tetangga, seperti Timor Leste,” katanya.

Pemasaran ikan lele Bakunase ini, katanya, sudah mampu memenuhi kebutuhan ikan lele di Kota Kupang, sehingga perlu dikembangkan lebih luas ke daerah-daerah lain di NTT. “Perlu ada pengembangan pemasaran ke luar daerah,” katanya.

Dia juga menantang petani ikan lele agar membuat lomba mancing atau pembuatan makanan lokal dengan bahan dasar ikan lele, sehingga bisa dipasarkan ke Pulau Jawa dan lainnya. “Buatlah perlombaan, kami siap mendukungnya,” kata Novanto.

Baca Juga :  Kemacetan Kota Kupang Disebabkan Bongkar Muat

Sementara itu, Medi Makolombo, pengelola ikan lele mengatakan, budidaya ikan lele di Bakunase telah dipasarakan hingga kabupaten sedaratan Timor, bahkan tembus Timor Leste. “Pasaran ikan lele disini sudah sampai Timor Leste,” katanya.

Namun, dia mengaku masih mengalami kesulitan, karena bibit ikan lele masih didatangkan dari pulau Jawa dengan harga jual yang cukup tinggi, sehingga harga jual ikan lele di Kupang mencapai Rp 30 ribu/kilogram (kg). “Harga jualnya masih mahal. Kami bisa menekan itu, jika harga bibitnya juga turun,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]