Home / Ekbis / NTT Antisipasi Intervensi Mata Uang Asing di Perbatasan

NTT Antisipasi Intervensi Mata Uang Asing di Perbatasan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Kepala BI Perwakilan NTT pose saat serah terima jabatan

Kepala BI Perwakilan NTT pose saat serah terima jabatan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya meminta Bank Indonesia untuk menjaga ekstitensi rupiah terhadap intervensi mata uang asing di wilayah perbatasan Indonesia- Timor Leste.

“Saya berharap BI bisa berikan perhatian dan intervensi terhadap mata uang asing di wilayah perbatasan negara,” kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya di sela-sela acara serah terima Kepala BI Perwakilan NTT di Kupang, Senin, 28 Oktober 2013.

Mata uang dollar Amerika, menurut Frans, banyak beredar di wilayah perbatasan Indonesia- Timor Leste, karena itu butuh perhatian serius BI untuk memberikan perhatian kepada masyarakat di wilayah perbatasan kedua negara. ”
“Banyak dollar yg beredar di wilayah perbatasan Indonesia- Timor Leste,” katanya.

Baca Juga :  Pertamina NTT Kumpul Pemilik SPBU

Salah satu langkah intervensi, lanjut Frans, bisa melalui pemberian kredit bagi Usaha Mikor Kecil dan Menengah (UMKM) di perbatasan negara itu. “Bisa diutamakan kredit UMKM bagi masyarakat di perbatasan negara,” katanya.

Kepala BI perwakilan NTT, Mike Tigor Sinaga mengatakan BI sudah melakukan berbagai langkah dengan menyiapkan uang rupiah di wilayah perbatasan. “Kami sudah siapkan kantor kas di wilayah perbatasan kedua negara,” katanya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia di perbatasan agar tetap menggunakan mata uang rupiah, sesuai dengan ketentuan UU bahwa transaksi di wilayah Indonesia harus menggunakan mata uang rupiah. “Kami tetap akan konsen untuk memenuhi kebuhan rupiah di perbatasan,” katanya.

Baca Juga :  Tunggakan Iuran, BPJS Alami Defisit Anggaran

BI mengganti kepala perwakilannya di NTT dari Luktor Tapiheru ke kepala perwakilan yang baru, Mike Tigor Sinaga yang disaksikan Deputi Bank Indonesia, Hendar. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]