Home / Sosbud / NTT Bangun Pusat Pengendalian Operasi Penanganan Bencana

NTT Bangun Pusat Pengendalian Operasi Penanganan Bencana

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun Pusat Pengendalian Operasi Bencana di daerah itu, guna mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang ering melanda daerah ini.

“Saat ini dalam proses pembangunan Pusdaplop penanggulangan bencana,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTT Frans Salem kepada wartawan, Rabu, 16 Januari 2013.

Pembangunan gedung kantor Pusdalops serta gudang peralatan dan logistic bencana itu rencananya akan dibangun di Kelurahan Oesapa, Kota Kupang di atas lahan milik pemerintah NTT. Dia berharap pusdalops yang dibangun akan selesai pada 2013 ini, sehingga bisa dijadikan sebagai pusat pengendalian dan koordinasi penanggulangan bencana di daerah ini.

Baca Juga :  2017, JR NTT Santuni 60 Korban Meninggal Dunia

“Pusdalops itu akan menjadi sentral penanganan bencana, mulai ddari masalah logistik dan tanggap darurat bencana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Tini Thadeus mengatakan, pembangunan pusalops itu akan dimulai Maret 2013 ini dengan dana sebesar Rp 7 miliar yang merupakan bantuan dari Pemerintah Australia bekerjasama dengan BPBD. “Maret sudah mulai dibangun. Dananya dari bantuan Australia,” katanya.

Dia berharap keberadaan pusdalops akan menjadi pusat koordinasi penanggulangan bencana di NTT, sehingga penanganan bencana bisa ditangani lebih cepat dan optimal. “NTT merupakan daerah bencana, sehingga penanganannya akan lebih baik lagi,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]