Home / Sosbud / NTT Siagakan Posko Atasi Bencana Banjir

NTT Siagakan Posko Atasi Bencana Banjir

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiagakan pos komando (Posko) untuk memantau bencana alam yang melanda sejumlah wilayah di daearha itu, seperti banjir dan letusan gunung api.

“Posko bencana sudah disiagakan 1×24 jam untuk pantau bencana yang melanda daerah ini,” kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Senin, 7 Januari 2013. Pernyataan gubernur ini terkait sejumlah bencana yang sementara melanda wilayah itu.

Bencana alam yang sementara melanda wilayah ini yakni letusan Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Banjir di Kecamatan Malaka, Belu dan Oebelo, Kabupaten Kupang.

Menurut dia, pemerintah juga telah menyiapkan dana sebesar Rp 10 miliar dari APBD untuk mengatasi sejumlah bencana, seperti banjir dan bencana lainnya. “Tahun ini, kami siapkan dana bencana alam sebesar Rp 10 miliar,” katanya.

Baca Juga :  BKH Serius Garap Pariwisata NTT

Posko bencana, katanya, disiagakan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memantau bencana yang melanda daerah ini, sehingga bisa diantisipasi dengan tindakan emergency. “Kami terus pantau bencana banjir yang melanda sejumlah daerah. Namun, pemerintah kabupaten diminta segera mengambil tindakan emergency atasi bencana itu,” katanya.

Sementara bencana letusan gunung Rokatenda yang mengakibatkan ribuan warga mengungsi, kata Frans, sudah ditangani langsung pemerintah kabupaten dan diintervensi oleh pemerintah provinsi dengan mengirimkan bantuan bagi pengungsi. “Kami sudah salurkan bantuan bagi pengungsi gunung Rokatenda,” katanya.

Untuk diketahui, sepekan terakhir sejumlah daerah di NTT dilanda banjir, seperti di Malaka, Kabupaten Belu, akibat melupanya sungai Benanain, dan Oebelo, Kabupaten Kupang yang memutuskan jalan Trans Timor menuju Timor Leste. Selain itu, meletusnya gunung Rokatenda yang menyebabkan ribuan warga mengungsi. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]