Home / Hukrim / NTT Urutan Lima Peredaran Gelap Narkoba

NTT Urutan Lima Peredaran Gelap Narkoba

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Alo Dando

Alo Dando

NTTTERKINI.COM, Kupang – Nusa Tenggara Timur (NTT) menempati urutan kelima peredaran gelap Narkoba di Indonesia. Pasalnya, NTT merupakan salah satu daerah transit peredaran narkoba Internasional.

Kepala BNNP Alosyius Dando mengatakan, jumlah kasus narkoba di NTT mulai mengkuatirkan, setelah BNN berhasil mengungkap jaringan narkoba internasional yang menggunakan jalur perbatasan NTT- Timor Leste sebagai jalur transportasi narkoba ke Indonesia.

“NTT sudah menjadi daerah transit narkoba,” katanya di sela-sela acara pemusnahan narkoba di Kupang, Sabtu, 29 Juni 2013.

Narkoba yang masuk ke Indonesia itu, menurut dia, berasal dari India yang dikirim melalui Singapura, Timor Leste, Kupang, dan seterusnya dikirim ke Surabaya dan Jakarta. Dari hasil itu, BNN berhasil mengamankan barang bukti sabu-sabu sebanyak 11 kg, dan 6 orang tersangka.

Baca Juga :  Cabuli Anak Kandung, Polisi Terancam 15 Tahun Penjara

Dia mengatakan, beradasarkan hasil penelitian BNN dan pusat penelitian kesehatan fakultas kedokteran Universitas Indonesia (UI) menunjukan data penyalahgunaan narkoba di NTT mencapai 43 ribu orang. “Terdapat 17 kasus peredaran gelapa narkoba dengan 28 tersangka,” katanya.

Solusi bagi pengguna narkoba, katanya, dengan pola terapi, rehabilitasi dan pembimbingan kembali, dan BNNP NTT telah mengirimkan 24 orang ke pusat rehabilitasi di Lido, Bogor dan Badoka, Makasar. “Penggunakan narkoba jangan di penjara, tapi direhabilitasi,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]