Home / Pendidikan / Nuffic Neso Ajak Mahasiswa NTT Lanjutkan Studi di Belanda

Nuffic Neso Ajak Mahasiswa NTT Lanjutkan Studi di Belanda

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Nuffic Neso saat sosialisasi di Unkris Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Nuffic Neso mengajak mahasiswa di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengambil kesempatan beasiswa untuk studi di Belanda

“Nuffic Neso Indonesia adalah kantor perwakilan Nuffic, organisasi non profit di Belanda yang ditunjuk resmi menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan dan didanai oleh pemerintah Belanda,” kata  Student Counselor (Konselor Pendidikan) Nuffic Neso Indonesia, Viddy Naufal kepada wartawan di Kampus Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, Rabu, 1 Maret 2018.

Menurut Viddy, Nuffic Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 2.100 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris.

Nuffic Neso Indonesia juga memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda serta menawarkan, mewakili pemerintah Belanda, beasiswa untuk warga negara Indonesia setiap tahunnya.

Baca Juga :  Monash University Australia Siapkan Beasiswa bagi Siswa Miskin

Dia mengungkapkan, Beasiswa StuNed merupakan salah satu beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda bagi warga negara Indonesia. “Sampai saat ini sudah ada 3.900 lebih penerima beasiswa StuNed, dan kurang dari 2 persen berasal dari NTT.

“Kami melihat pentingnya sosialisasi di luar Jakarta, agar semakin banyak peminat studi di Belanda mendapatkan informasi dan kesempatan yang sama,” katanya.

Di catatan Nuffic Neso penerima beasiswa StuNed asal NTT berdasarkan periode 6 penerima beasiswa StuNed II, 30 penerima beasiswa StuNed III, 13 penerima beasiswa StuNed IV, sedangkan pada SIuNed periode kelima belum ada penerima beasiswa StuNed asal NTT.

Melihat angka yang masih tergolong minim, lanjut dia, Nuffic Neso Indonesia merasa penting mengadakan sosialisasi keluar Jakarta. Saat ini ada banyak program beasiswa yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk studi di Belanda, selain StuNed, ada beasiswa OKP, juga Beasiswa Orange Tulip dan Holland scholarship serta beasiswa dari masing-masing universitas di Belanda.

Baca Juga :  Hand Fortuna Bantu Pemerintah Atasi Krisis Air

Belum lagi beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti beasiswa LPDP, beasiswa Unggulan Kemendikbud, beasiswa Budi, beasiswa Kominfo dan lainnya.

“Banyak keuntungan yang dimiliki masyarakat NTT ini dalam mendaftar beasiswa LPDP, misalnya kuota khusus afirmasi untuk masyarakat NTT yang memperbesar peluang untuk mendapat beasiswa,” urainya. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]