Home / Ekbis / OJK Terima Ratusan Pengaduan Layanan Perbankan

OJK Terima Ratusan Pengaduan Layanan Perbankan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Rakor BI

NTTTERKINI.COM, Kupang – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nusa Tenggara Timur (NTT),m merilis 288 pengaduan terkait layanan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) perbankan dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

“Berdasarkan informasi dan pengaduan yang diterima OJK tercatat sudah ada ratusan laporan yang masuk terkait layanan perbankan dan IKNB,” kata Kepala OJK NTT, Robert Sianipar, Selasa, 09 Juli 2019.

Data laporan pengaduan pada 2018 tercatat sejumlah 432 laporan, terdiri dari 131 permintaan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), 212 laporan langsung warga ke kantor OJK, dan 89 pengaduan tertulis.

Pada 2019 jumlah laporan pengaduan sudah mencapai 288, terdiri dari 43 pengaduan tertulis yang ditujukan ke OJK, 106 permintaan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dan 139 pengaduan yang langsung mendatangi kantor OJK.

Baca Juga :  Mendagri Lantik Gubernur dan wakil Gubernur NTT

Berdasarkan klasifikasi perbankan yang paling banyak diadukan yakni Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mega, Bank NTT, Bank CIMB Niaga, BRI dan Bank Tabungan Pensiunan dengan permasalahan yang disampaikan terkait ketidak sesuaian SLIK, permohonan restrukturisasi kredit dan angunan kredit.

Sedangkan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yang dilaporkan antara lain Asuransi Umum Bumi Putera Muda 1967, Jamkrindo, Indomobile
Finance, Adira Finance, MPM Finance dan Sinar Mas Multi Finance dengan persoalan yang paling banyak menjadi aduan konsumen yakni kesulitan
melakukan klaim asuransi dan eksekusi objek pembiayaan.

“Persoalan yang dilaporkan untuk perbankan yakni ketidaksesuaian data SLIK, sedangkan INBK yakni sulitnya klaim asuransi,” tambah Robert.

Baca Juga :  Ratusan Polisi Disiagakan Amankan Pelantikan Gubernur NTT

OJK bertugas mengatur, mengawasi dan melindungi sektor jasa keuangan, seperti perbankan, pasar modal dan INBK lainnya dapat berjalan secara teratur terutama mendukung
perekonomian di NTT. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]