Home / Pendidikan / Ombudsman Apresiasi PPDB Online di NTT

Ombudsman Apresiasi PPDB Online di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Darius Beda Daton

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ombusdman mengapresiasi suksesnya sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sejak lima tahun terakhir mengawasi sistem PPDB online khusus tingkat SMA/SMK, saya kira ini penyelenggaraan yang paling sukses, tahun ini aman sekali, hampir tidak ada ribut,” kata Kepala perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton, Rabu, 29 Juni 2019.

Menurut dia, khusus Kota Kupang dari SMA 1-8 dan SMK 1-6, selama berlangsung sistem PPDB online 24-26 Juni 2019, terdapat perbedaan dan
perubahan pola pendaftaran dibandingkan tahun sebelumya yang membolehkan terus mendaftar melebihi kuota dan akan diverifikasi ulang, namun kini mulai diberlakukan pendaftaran online dengan penerapan kuota yang dibatasi berdasarkan jumlah kebutuhan sekolah yang sesuai dengan zonasi.

Baca Juga :  Di NTT, Nilai Rata-rata UN SMP 5,5

“Sistem pendaftaran online tahun ini, otomatis akan menutup pendaftaran, jika kuota penuh, sehingga semua siswa menyebar merata,” tambah Darius.

Sistem PPDB online menerapkan pula pola keadilan mengakomodir calon siswa di luar zonani dengan kategori siswa berprestasi sebesar 5 persen, atau siswa pindah mengikuti orang tua sebesar 5 persen dan zonasi 90 persen.

“Pemerintah sudah mengakomodir agar menunjukkan rasa keadilan bagi semua orang melalui kategori yang di tentukan sesuai edaran,” tutup Darius. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]