Ombudsman: Kinerja Kepolisian Paling Banyak Dikeluhkan Warga

0
596
Media Gathering Ombudsnan
Media Gathering Ombudsnan
Media Gathering Ombudsnan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Ombudsman RI perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) mengatakan Lembaga Kepolisian dan Dinas Pendidikan dan Olahraga (PPO) Kabupaten Kupang yang paling banyak dikeluhkan warga terkait pelayanan yang diberikan tidak memuaskan.

“Dari data pengawasan pelayanan publik, lembaga kepolisian dan PPO Kabupaten Kupang menempati peringkat tertinggi laporan pengaduan,” kata Kepala Ombudsman NTT, Darius Beda Daton saat mengelar Media Gathering bersama para wartawan, Jumat, 18 Agustus 2017.

Tahun 2017 hingga Juli tercatat sebanyak 320 laporan pengaduan dari warga terkait kinerja lembaga kepolisian dan Dinas PPO dalam memberikan pelayanan publik ke masyarakat.

Berdasarkan pokok laporan lembaga kepolisian menempati angka tertinggi sebanyak 54 laporan pengaduan berada pada layanan Reserse Kriminal (Reskrim) dan Dinas PPO kabupaten Kupang sebanyak 33 laporan.

“Semua layanan yang kurang memuaskan publik yakni administrasi yang penundaan yang berlarut, tidak memberikan pelayanan hingga penyimpangan prosedur,” tambah Darius.

Berdasarkan data dari 320 laporan pengaduan sebanyak 106 laporan terkait penundaan yang terlalu lama, 67 laporan karena tidak mendapatkan layanan dan 54 laporan pengaduan, karena penyimpangan prosedur.

Keluhan layanan warga lainnya yakni pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan, layanan pertanahan, layanan kepegawaian dan keluhan pelayanan desa terkait pengelolaan keuangan, aset dan infrastruktur. (Lid)

Komentar ANDA?