Home / Hukrim / Ombudsman: Laporan Pungli Terbanyak di Dishub Kota Kupang

Ombudsman: Laporan Pungli Terbanyak di Dishub Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM Kupang — Kepala Perwakilan Ombudsman, Darius Beda

Daton mengatakan laporan dugaan pungutan liar (Pungli) terbanyak ada di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).
“Terkait pelayanan publik, banyaknya laporan dugaan lakukan pungli ada pada Dinas Perhubungan Kota Kupang. Kita akan terus koordinasikan bersama dalam tim saber pungli,” kata Kepala Ombudsman NTT, Darius Beda Daton, Rabu, 18 Oktober 2017.
Berdasarkan data, laporan dugaan pungli itu terjadi di terminal Belo, dan pungli saat proses pengujian KIR. Sedangkan pungli tertinggi terjadi di UPT Samsat Kota Kupang dengan dugaan pungli pada proses pengurusan STNK, proses gesek mesin kendaraan, pembayaran pajak kendaraan dan pengurusan surat mutasi  kendaraan.
 PT Persero Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan Ferri (ASDP) terkait dugaan pungli pada layanan bagasi, penjualan tiket kapal dan proses pengangkutan alat
berat. Sementara dugaan pungli pun terjadi di sekolah dan kelurahan yakni dugaan pungli pengumpulan tugas siswa dan dugaan pungli saat pengurusan administrasi sertifikat tanah.
Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), Kota Kupang Wakapolres Kupang Kota, Ampi Mesias Von Bulow mengemukakan pelayanan publik menjadi salah satu sasaran tugas dari tim tersebut, guna mencegah dan berantas adanya pungutan liar.
“Pelayanan publik menjadi sasaran atau target tim satgas saber pungli dalam mencegah sekaligus memberantas pungutan liar,” tegasnya.
Tujuh sasaran tim saber pungli diantaranya, bidang perijinan, kepegawaian, pendidikan, perjanjian kerjasama dengan pihak
ketiga, pengadaan barang dan jasa serta kegiatan pungli lainnya yang meresahkan warga. (Lid)

Komentar ANDA?

Baca Juga :  Pemuda di Kupang Gelar 1000 Lilin untuk Angeline

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]