Home / Pendidikan / Ortu Siswa Kecewa Pendaftaran Berdasarkan Domisili

Ortu Siswa Kecewa Pendaftaran Berdasarkan Domisili

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Suasana pendaftaran siswa baru di SMPN 2 Kupang

Suasana pendaftaran siswa baru di SMPN 2 Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Orang tua siswa mengaku kecewa saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menegah Pertama (SLTP) Negeri 2 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang melakukan penerimaan berdasarkan zona atau wilayah domisili.

“Anak saya nilainya bagus, juara umum lagi, tapi tidak bisa masuk SMP 2, hanya karena zona domisili,” kata Orang tua siswa, Edmond Sukmana, Senin, 10 Juli 2017.

Menurut dia, penerapan kebijakan berdasarkan zona domisili sangat merugikan, karena itu disarankan agar dilakukan tes kemampuan anak dan berdasarkan nilai akhir ujian yang tertera pada ijazah.

“Kami tinggal di Oebufu. Ini masih dalam wilayah Kota Kupang, kecuali saya dari kabupaten,” tegasnya.

Baca Juga :  Alumni SMPN 3 Gelar Seminar Narkoba bagi Pelajar

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri II Kupang, Yoel Oematan mengatakan sistem penerimaan secara online menggunakan zona atau alamat domisili sudah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 17 tahun 2017 yang diberlakukan bagi 20 SLTP Negeri dan 10 Sekolah Dasar Negeri (SD) dengan jumlah penerimaan siswa sebanyak 352 siswa untuk 11 Rombongan Belajar (Rombel) dengan masing-masing siswa per kelas sebanyak 32 orang.

“Penerimaan PPDB sudah tersistem berdasarkan zona yang sudah ditentukan, jika calon siswa yang domisili tidak berdasarkan zona otomatis tidak dapat terdaftar,” kata Yoel.

Untuk SMPN 2 Kupang, siswa yang diterima dibagi dalam beberapa zona, diantaranya Zona I meliputi Kelurahan Oetete. Zona II, Kelurahan Merdeka, Bonipoi, Oebobo, Fontein, Kuanino, Airmata, Kampung Solor, Kelurahan Lai-Lai Bissi Kopan (LLBK), Tode Kiser, Oeba dan Kelurahan Fatubesi. (Lid)

Share Button
Baca Juga :  Penerima Dana BOS di Kupang Diduga Fiktif

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]