Home / Hukrim / OTT Pelni Kupang, Polisi Sita Rp 10 Juta

OTT Pelni Kupang, Polisi Sita Rp 10 Juta

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
OTT Tim Cyber Pungli Polda NTT

OTT Tim Cyber Pungli Polda NTT. (Istimewa)

NTTTERKINI.COM, Kupang – Tim Siber Pungli Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTT saat melakukan Operasi Tertangkap Tangan (OTT) di PT Pelni cabang Kupang berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp 10 juta, 1 brankas dan sejumlah dokumen.

Selain uang tunai, polisi juga mengamankan sebanyak 6 petugas outsorching, dan empat pegawai PT Pelni, Selasa, 19 September 2017.
Enam petugas Outshorsing Pelni yang diamankan yakni Cici, Alon alias Aco, Glen, Hendrik, Wely, dan Ari Don Djawas. Sedangkan empat pegawai Kepala Cabang Kupang, Kepala Operasional, Hary, Kepala Kasir Merry, Kepala Keuangan, dan Bendahara.
sejumlah barang bukti, diantaranya uang tunai Rp 10 juta, 1 unit brankas, 1 dokumen catatan telisit berisi muatan barang kapal, serta sejumlah dokumen lainnya.
Kasubdit Tipidkor Joshua mengatakan OTT ini dilakukan setelah  menerima informasi dari masyarakat terkait adanya praktik pungli di Pelabuhan Tenau dari PT Pelni. Pihaknya langsung melakukan pengembangan selama sekitar 1 bulan.
“Kami mengembangkan kasus ini, dan memang ada praktik pungli, sehingga kami pun melakukan OTT,” katanya.
Tindakan pungli itu, sasarannya pada barang yang akan dimuat ke dalam kapal KM Sabuk Nusantara 34 Jurusan Maluku dan besaran pungutannya bervariasi tergantung dari negosiasi antara pegawai outschourcing dan pemilik barang.
Kabid Humas Polda NTT Komisaris Besar Jules Abraham Abast membenarkan adanya penangkapan sekitar 10 orang Pimpinan dan staf dari PT Pelni Cabang Kupang, karena dugaan kasus Pungli dan OTT.
“10 orang tersebut saat ini masih sementara menjalani pemeriksaan lanjutan oleh tim penyidik,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Baca Juga :  37 TKI asal NTT Meninggal di Luar Negeri

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]