Home / Ekbis / Pelanggan PLN di TTU Terkena Dampak Kenaikan TDL

Pelanggan PLN di TTU Terkena Dampak Kenaikan TDL

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Logo-PLNNTTTERKINI.COM, Kefa – Sedikitnya 6.000 pelanggan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) di Kabupaten Timor Tengah Utara, terkena dampak kebijakan kenaikan tarif daftar listrik (TDL) tahap dua, yang ditetapkan pemerintah pusat sejak 1 April 2013.

Dari 20.564 total pelanggan PLN di TTU, terdapat sebanyak 5.930 pelanggan yang menggunakan listrik dengan daya 1.300 Volt Amper (VA) ke atas. Sesuai kebijakan pemerintah pusat, pelanggan menengah ke atas ini dikenakan kenaikan TDL tahap dua sebesar 4,3 persen mulai 1 April 2013.

Kepala Cabang PLN Kefamenanu, Anang Taufiqi mengatakan dilihat dari prosentase jumlah pelanggan yang terkena kenaikan TDL ini tidak terlalu besar, hanya berkisar 20 persen.

Baca Juga :  Memabukan, BPOM Tarik Dua Jenis Obat

“Yang daya 1.300 VA ke atas ada 5.930 pelanggan atau sebanyak 20 persen, sedangkan 80 persen masih tetap. Jadi kalangan menegah kebawah atau ekonomi porsinya lebih banyak,” katanya.

Anang mengatakan akan memberikan penjelasan terkait kenaikan TDL ini kepada pelanggan. Dia juga berharap kenaikan tarif listrik oleh pemerintah pusat tersebut bisa diterima masyarakat. “Kami sudah umumkan dan juga sebarkan selebaran kepada seluruh pelanggan terkait kenaikan TDL ini.”ujarnya.

Pemerintah pusat kembali menaikkan tarif daftar listrik (TDL) per 1 April 2013, sebesar 4,3 persen. Kenaikan tarif listrik tahap pertama sudah diberlakukan per 1 Januari 2013. Kenaikan tarif dasar listrik itu merupakan kelanjutan dari kebijakan penaikan bertahap selama 2013, yang diperkirakan mencapai 15 persen.

Baca Juga :  Medah Gencar Sosialisasi Ubi Ungu

Kenaikan ini hanya berlaku bagi pelanggan dengan daya listrik 1.300 volt amper ke atas. Sedangkan pelanggan dengan daya 450 dan 900 volt amper, tidak dikenakan kenaikan tarif. (Opa)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]