Home / Ekbis / Pelarayan Ditutup, ASDP Rugi Rp 110 Juta per Hari

Pelarayan Ditutup, ASDP Rugi Rp 110 Juta per Hari

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI, com, Kupang – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami kerugian sebesar Rp 110 juta per hari, akibat penutupan pelayaran karena cuaca buruk ke semua lintasan di daerah itu.
“Kerugiannya meningkat 10 persen, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Bidang Usaha PT ASDP Cabang Kupang, NTT, Annas, Selasa, 8 Januari 2013.

PT ASDP menutup seluruh pelayaran ke semua lintasan di NTT, karena cuaca buruk yang memicu terjadinya gelombang tinggi yang mencapai 7 meter. Penutupan itu juga sesuai himbauan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika El Tari Kupang.

Kerugian yang dialami PT ASDP Kupang, menurut dia, mengalami peningkatan 10 persen, dibanding tahun sebelumnya yang kerugian perharinya hanya Rp 100 juta. Kini kerugian bisa mencapai Rp 110 juta per harinya, karena adanya peningkatan penumpang dan arus barang yang menggunakan jasa ASDP. “Penumpang dan arus barang meningkat 10 persen. Itulah total kerugian yang di derita ASDP dengan penutupan ini,” katanya.

Baca Juga :  Hari Ini, Lima Kabupaten Gelar Pilkada Serentak

Jika penutupan dilakukan selama sepekan, katanya, maka ASDP akan mengalami kerugian sebesar Rp 770 juta. Sedangkan untuk arus barang ke sejumlah daerah untuk sementara ASDP tidak melayaninya, karena tidak akan ada pelayaran selama sepekan ini. “Kemarin saja, kapal ASDP dari Atapupu, Atambua tidak bisa melewati perairan NTT. Kami sudah evakuasi seluruh penumpangnya,” katanya.

Pihaknya akan membuka kembali pelayaran, jika cuacanya mulai membaik. Dan, sesuai arahan BMKG, cuaca buruk masih berlangsung hingga 14 Januari 2013. “Kami baru akan buka pelayaran pada 14 Januari mendatang,” katanya.  (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]