Home / Ekbis / Pemadaman Listrik Ancam Pelaksanaan Sail Komodo

Pemadaman Listrik Ancam Pelaksanaan Sail Komodo

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
GM PLN, Ricard Safkaur

GM PLN, Ricard Safkaur

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemadaman listrik bergilir di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengancam pelaksanaan Sail Komdo yang akan digelar mulai Juni 2013 di daerah ini. Pasalnya, pasokan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mencapai puncaknya.

“Pemakaian listrik telah mencapai beban puncak, sehingga pelaksaan sail komodo terancam gelap gulita,” kata General manager (GM) PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur kepada wartawan, Selasa, 21 Mei 2013.

Menurut dia, beban pemakaian listrik telah mencapai 54 mega waat (mw), sedangkan daya listrik PLN untuk melayani kebutuhan listrik hanya sekitar 33 MW, sehingga event yang akan dilaksanakan di Kupang termasuk Sail Komodo bisa terancam gelap gulita.

Baca Juga :  Inkud- Undana Kerjasama Bidang Peternakan

Masalah ini, menurut dia, hanya bisa diatasi dengan PLTU Bolok dengan daya 2×16,5 mega waat (mw). Namun, sayangnya pembangunan tower PLTU 51 di Kelurahan Maulafa, Kota Kupang masih terkendala pembebasan lahan masyarakat, sehingga pembangunan ditolak.

PLTU Bolok, katanya, akan uji coba opersi 10 Juli 2013, sehingga diharapkan semua jaringan transmisi sudah dalam kondisi siap. Namun, dengan adanya penolakan pembangunan tower 51 oleh masyarakat akan berdampak bagi semua jaringan, karena tidak bisa dialiri listrik. “Penolakan ini menjadi persoalan serius karena pasokan listrik dari PLTU Bolok tidak bisa dialirkan kepada masyarakat,” katanya.

Dia mengaku, beban pemakaian listrik di Kota Kupang terus mengalami peningkatan dan telah mencapai batas maksimum, sehingga terkadang ada pemadaman listrik bergilir di wilayah tertentu. Beban puncak pemakaian listrik saat ini telah mencapai 53 Mega watt. “Masalah ini harus segera diselesaikan, jika tidak ingin sail komodo gelap gulita,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]