Home / Sosbud / Pemda Ende Gelar Ritual Adat dan Taga Kamba 

Pemda Ende Gelar Ritual Adat dan Taga Kamba 

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ritual Taga Kamba

NTTTERKINI.COM, Ende – Bupati Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) Marselinus Y.W Petu untuk kelima kalinya menggelar ritual adat dan Taga Kamba (Bunuh Kerbau) menandai pembukaan rapat kooordinasi pemerintah dengan para mosalaki (pemangku adat) di daerah kabupaten Ende,

Kegiatan Ritual Adat dan Taga Kamba tersebut dilaksanakan di  kompleks Museum Tenun Ikat yang letaknya di bagian barat Taman Permenungan Bung Karno oleh yang dilakukan Bupati Ende Marselinus Y.W Petu, Senin 6 Agustus 2018.

Upacara Ritual dan Taga Kamba  ini juga menandai awal Sepekan Pesta Danau Kelimutu yang dimulai pada 10– 14 Agustus 2018 dan mencapai puncaknya pada ritual Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata (memberi makan para leluhur)  di puncak Kelimutu.

Baca Juga :  Toko NAM Pecat 11 Karyawan Tanpa Pesangon

Ritual tersebut  diawali prosesi para mosalaki dari 21 kecamatan di Kabupaten Ende yang berasal dari etnis Ende, Lio dan Nage serta para tokoh agama. Lebih dari 200 mosalaki dan tokoh agama mengikuti prosesi tersebut.

Di depan pintu gerbang kompleks Museum Tenun Ikat, para mosalaki dan tokoh agama disambut dengan sapaan adat oleh salah seorang budayawan Ende. Dilanjutkan dengan penyambutan resmi oleh bupati dan jajaran Forkopimda

Bupati Marselinus Y.W Petu pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para mosalaki dan tokoh agama dalam mengikuti rapat koordinasi.

Dia berterima kasih atas nama pemerintah kabupaten terkait dukungan para mosalaki dan tokoh agama terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah ini selama Lima Tahun ini.

Baca Juga :  Dua Bersaudara Tewas Tenggelam di Sabu Dimakamkan

“Rapat koordinasi yang kami gelar ini untuk membangun sinergi antara pemerintah dengan mosalaki dan tokoh agama terhadap pembangunan desa dalam konteks UU Nomor 23 Tahun  2014 tentang pemerintah desa,” katanya.

Dia berharap agar di lima tahun mendatang Para Mosalaki sebagai pemangku adat tetap memberikan dukungan Penuh kepada pemerintaj dalam membangun Ende di Lima Tahun yang akan datang. (Fred)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]