Home / Sosbud / Pemda Sumba Timur Keluarkan Himbauan Waspada Gempa

Pemda Sumba Timur Keluarkan Himbauan Waspada Gempa

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Warga Sumba mengungsi ke gunung

NTTTERKINI.COM, Kupang – Wakil Bupati Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Umbu Lili Pekuali mengeluarkan surat himbuan kepada warga Sumba Timur agar waspada terhadap gempa susulan dan acaman tsunami bagi warga di daerah itu.

“Kami sudah keluarkan himbuan agar warga waspada gempa susulan yang terjadi, terutama warga di pesisir pantai,” kata Umbu Lili, Selasa, 2 Oktober 2018.

Isi himbauan menyebutkan bahwa sehubungan dengan gempa yang melanda Sumba Timur, maka dihimbau agar warga waspada terhadap gempa susulan, terutama yang berada dalam bangunan retak, serta masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai.

Dihimbau untuk memperhatikan tanda-tanda permukaan air laut di pantai. Apabila terjadi gempa yang lebih besar, dan air laut surut, maka segera berlari menjauhi pantai atau mencari tempat tinggi, tanpa harus menunggu perintah evakuasi serta waspada dan ikuti perkembangan informasi dari BMKG.

Baca Juga :  PT Bank HSBC Gelar Edukasi Keuangan bagi UMKM

Dia menyebutkan sejauh ini baru tiga laporan keruasakan akibat gempa itu yakni Sekolah Dasar Polinunli mengalami keretakan, gedung BLKB (penyuluh) teras depan roboh dan jembatan Wula Waijelu mengalami keretakan. “Sementara bandara Umbu Mehang Kunda dan alat komunikasi masih aman,” katanya.

Gempa berkekuatan M=5,2 M=5,3 M=5,9 dan M=6,0 sejak pukul 06.12.03 hingga 07.16.47 mengguncang Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 2 Oktober 2018.

Berdasarkan Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki (setelah pemutakhiran). Episenter gempabumi pertama terletak pada koordinat 10,65 LS dan 120,18 BT, sementara episenter gempabumi kedua terletak pada koordinat 10,54 LS dan 120,20 BT, episenter ketiga terletak pada koordinat 10,60 LS dan 120.20 BT, dan episenter keempat 10.52 LS 120.18 BT dengan kedalaman 21 km arah selatan Kota Waingapu, Sumba Timur. (teco)

Share Button
Baca Juga :  Calon TKI Sandera Pengacara di Kupang

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]