Home / Sosbud / Pemerintah Buka Akses Jalan Wisata Labuan Bajo

Pemerintah Buka Akses Jalan Wisata Labuan Bajo

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Jalan pantura Flores di Labuan Bajo

Jalan pantura Flores di Labuan Bajo

NTTTERKINI.COM, Labuan Bajo – Dalam rangka mendukung pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemerintah melalui Balai jalan wilayah X membuka sejumlah jalan baru sepanjang 8,8 kilometer (km), dan 24,5 km.

“Pengerjaan pembukaan jalan baru ini telah mencapai 100 persen, sehingga sudah bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 5.1 Labuan Bajo- batas kota Ruteng Balai jalan wilayah X, Yosua Bulu Anarato, Selasa, 12 Desember 2017.

Pembangunan jalan dari Waicicu hingga Ketentang, Manggarai Barat ini awalnya hanya sepanjang 8,2 km dengan dana APBN sebesar Rp 27,9 miliar. Namun dalam pengerjaan panjang jalan bertambah 600 meter, sehingga menjadi 8,8 km.

Baca Juga :  Gunung Egon Kepulkan Asap, Turis Dilarang Masuk

“Kami hanya membuka akses jalan baru dengan lebar 16 meter, sehingga hanya 250 meter yang di aspal,” tegasnya.

Selain ruas jalan itu, katanya, pihaknya juga membuka jalan baru melalui Pantai utara (Pantura) Flores yang menghubungkan Labuan Bajo- Terang- Kendidi sepanjang 24, 5 km dengan dana sebesar Rp45 miliar. “Jalan ini dibuka untuk menyambung jalan Pantura Flores yang telah mencapai Kendidi dan Reo,” katanya.

Di bukanya jalan ini juga, lanjut dia, guna membuka titik ke dermaga bongkar muat di Reo, Manggarai, sehingga jarak tempuh untuk suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Labuan Bajo lebih cepat.

“Lebih dekat. Selama ini lewat Ruteng- Labuan bajo dengan jarak 190 km, jika lewat utara hanya 109 km,” katanya.

Baca Juga :  PMPB Kampanye Sekolah Aman Bencana

Pembangunan jalan baru di Manggarai Barat ini, menurut dia, dalam rangka mendukung pariwisata di Labuan Bajo yang merupakan 10 destinasi wisata Bali baru yang menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Jalan yang dibangun ini untuk membuka akses untuk mendukung pariwisata,” katanya. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]