Home / Sosbud / Pemprov NTT Upayakan Akses Pendidikan Bagi Tuna Netra

Pemprov NTT Upayakan Akses Pendidikan Bagi Tuna Netra

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Musda Pertuni III

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) berupaya agar semua warga penyandang disabilitas khususnya tuna netra dapat mengakses dunia pendidikan guna mendorong semua potensi pemberdayaan sumber daya manusia.

“Sebagai Gubernur NTT, saya mendorong akses pendidikan guna membangun sumber daya manusia, karena tidak ada cara lain untuk menemukan jati diri kita selain melalui pendidikan formal maupun informal. Ini sebuah kewajiban pemerintah,” kata Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat membuka Musyawarah Daerah (MUSDA) III PERTUNI, Senin, 02 Desember 2019.

Terkait kehidupan inklusif bagi penyandang disabilitas, pemerintah NTT akan segera mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) sesuai rencana induk yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang
hak-hak penyandang disabilitas yang meliputi tujuh sektor yakni akses pendidikan, akses ketrampilan, kesehatan, hukum dan politik, layanan publik, akses pekerjaan dan ekonomi, serta pendataan warga negara penyandang disabilitas.

Baca Juga :  BNPT- Dewan Pers Keluarkan Pedoman Peliputan Teroris

“Tidak lama lagi, kita keluarkan pergub terkait hal-hal yang berhubungan dengan hak penyandang disabilitas di NTT, sehingga mampu memberikan manfaat,” tambah Viktor.

Ketua Umum Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI), Aria Indrawati mengatakan pendidikan bagi penyandang disabilitas khususnya tuna netra di NTT belum dalam kategori baik.

“Penyandang disabilitas rata-rata hanya lulusan sekolah dasar, pendidikan formal bagi disabilitas khususnya tuna netra di NTT belum baik,” kata Ketua Umum PERTUNI,  Aria Indrawati.

Penyandang disabilitas khususnya tuna netra dapat menempuh pendidikan dua jalur yakni di sekolah umum atau reguler maupun sekolah luar biasa, tujuannya memberikan kesempatan pemberdayaan bagi peserta didik tuna netra lebih maksimal sekaligus dapat berbaur dan terbiasa lingkungan.

Baca Juga :  Viktor Yakin Jokowi Menang di NTT Tanpa Susah Payah

PERTUNI NTT yang beranggotakan sebanyak 350 orang dalam pertemuan Musda PERTUNI ke III akan membahas beberapa agenda sebagai program kerja sekaligus memilih ketua PERTUNI NTT yang baru periode 2019-2024. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]