Home / Polkam / Pendidikan Kunci Kemajuan Suatu Daerah

Pendidikan Kunci Kemajuan Suatu Daerah

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Beny K Harman

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pendidikan merupakan kunci kemajuan sebuah daerah. Karena itu intervensi di dunia pendidikan harus lebih dominan dari sektor lain. Kalau pendidikan maju, maka sangat berpengaruh terhadap kemajuan di sektor lain seperti kesehatan dan ekonomi.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Benny Kabur Harman (BKH) sampaikan ini ketika berdialog dengan ratusan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur di Larantuka, Senin 11 Februari 2013 lalu.

Menurut dia, prinsip yang harus dilakukan adalah anggaran untuk pendidikan harus lebih difokuskan untuk efektivitas kemajuan pembangunan pendidikan. Anggaran untuk pembangunan pendidikan pun harus lebih difokuskan untuk mencerdasrkan rakyat, mencerdaskan publik.

Baca Juga :  DP4 NTT Pemilu Legislatif 3,7 Juta Jiwa

BKH yang juga calon gubernur nomor urut lima ini mengatakan, untuk intervensi di sektor ekonomi, justru tak perlu dominan. Karena masyarakat punya kemampuan untuk membangun sektor ekonomi. Karena itu yang dilakukan oleh pemerintah provinsi, adalah memprioritaskan bidang-bidang yang mendukung perkembangan ekonomi.

Jadi yang harus dilakukan pemerintah adalah membangun jalan raya, transportasi, telekomunikasi dan bidang lainnya. Faktor- faktor ini mendukung percepatan ekonomi dan pendidikan. “Jalan yang baik, telekomunikasi yang tersedia dengan baik, sangat bermanfaat dan dapat menunjang pendidikan,” kata BKH

Pada kesempatan itu BKH menyatakan, peningkatan kualitas guru dan kesejahteraan guru harus benar- benar diperhatikan. Ini penting karena guru sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendidikan. Para guru harus diberi kemudahan dalam sejumlah akses guna menunjang sektor dan mutu pendidikan.

Baca Juga :  Festival Pulau Penyengat 'Sengat' Wisman dan Wisnus

“Para guru harus diberi kredit murah seperti laptop tanpa jaminan. Peningkatan telekomunikasi pun harus dilakukan. Ini untuk meningkatkan sektor pendidikan di daerah ini,” tandas BKH.

Ia menambahkan, salah satu point dalam Kartu Solusi yang ditawarkan BKH- Nope adalah meringankan biaya transportasi. Ini bisa menekan angka putus sekolah yang masih tinggi. Karena aalah satu faktor anak putus sekolah adalah belum adanya sarana transportasi dan jalan yang memadai. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]