Home / Pendidikan / Penerimaan Siswa Baru di NTT Gunakan Sistem Zonasi

Penerimaan Siswa Baru di NTT Gunakan Sistem Zonasi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Benyamin Lola

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menerapkan sistem zonasi pada penerimaan siswa baru tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di NTT.

“Penerimaan siswa baru tahun ini gunakan sistem zonasi dan pendaftaran dilakukan  secara online,” kata Kepala Dinas Pendidikan NTT, Benyamin Lola, Rabu, 29 Mei 2019.

Menurut dia, sistem zonasi ini berlaku bagi seluruh sekolah negeri di NTT. Untuk sekolah di tingkat kabupaten, zonasi akan diberlakukan secara umum, yakni zona 1 meliputi kelurahan di alamat sekolah, dan zona 2 keluraham dalam kecamatan.

Namun, khusus Kota Kupang sistem zonasi berbeda, karena secara spesifik rawan persoalan. Karena itu, zona 1 meliputi kelurahan dengan radius paling jauh 500 meter dan tidak dibatasi wilayah kecamatan. Sedangkan di luar itu masuk dalam zona 2. “Seperti SMAN 1 Kupang yang meliputi beberapa kelurahan dan kecamatan,” ujarnya.

Baca Juga :  NTT Sabet Juara I Qoriah Terbaik di MTQ Nasional

Pendafatran sistem zonasi ini, menurut dia, akan dilakukan secara online, jika jumlah kuota penerimaan siswa di sekolah terpenuhi, maka secara otomatis sistem online akan ditutup. “Berbeda dengan tahun sebelumnya yakni penerimaan siswa baru gunakan batas waktu,” katanya.

Karena itu, dia mendorong agar orang tua siswa tidak ragu menyekolahkan anak ke sekolah swasta, karena tanggungjawab pendidikan, bukan hanya urusan pemerintah, tapi juga swasta. “Jangan ragu sekolahkan anak di sekolah swasta,” katanya. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]