Home / Polkam / Pengamat: Jangan Percaya Hasil Quick Count

Pengamat: Jangan Percaya Hasil Quick Count

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Frenly

Frenly

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pengamat hukum dari Universitas Nusa Cendana Kupang, Dr. John Tuba Helan menegaskan hasil huting cepat (Quick Count) yang dilakukan Losta Institute tidak bisa dijadikan acuan kemenangan bagi paket Frans Lebu Raya– Benny Litelnony (Frenly), tetapi KPU NTT selaku penyelenggaran Pemilihan Gubernur.

“Saya harap masyarakat NTT jangan menjadikan hasil perhitungan cepat itu untuk mengklaim kemenangan peket Frenly,” kata John, Selasa, 19 Maret 2013.

Dia mengaku heran dengan sampel yang diambil lembaga itu karena hanya mengambil 280 Tempat pemungutan Suara (TPS) dari total TPS 8.360 TPS yang tersebar di seluruh NTT.

Dia justru meragukan hasil perhitungan cepat lembaga survey itu, karena sampel yang diambil sangat tidak mewakili sebaran TPS di seluruh kabupaten/kota di NTT. “Jangan mereka samakan daerah NTT dengan pulau Jawa,” katanya.

Baca Juga :  Sidang Cebongan Digelar Hari Ini

Diinformasikan, jika ada dugaan permainan yang dilakukan pihak tertentu yang membiayai perhitungan cepat itu, dia menegaskan, jika terjadi seperti itu, maka hasilnya juga tidak benar. “Kalau perhitungan cepat atas pesan sponsor itu, maka jelas sekali bahwa lembaga itu akan membela pihak yang membiayai perhitungan cepat itu,” katanya.

Dia kuatirkan hasil quick count itu akan menjadi persoalan di kemudian hari, jika hasilnya berbeda dengan hasil perhitungan KPU NTT. “Harus hati-hati. Bisa menimbulkan konflik, karena terlanjur di percayai masyarakat,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]