Home / Polkam / Pengangkatan Tenaga Honorer di Kota Kupang Bermasalah

Pengangkatan Tenaga Honorer di Kota Kupang Bermasalah

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Irianus Rohi

Irianus Rohi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pengangkatan sejumlah tenaga honorer sebagai pegawai negeri sipil daerah (PNSD) yang masuk dalam kategori II di lingkup pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) bermasalah. Pasalnya, banyak honorer yang diakomodir tidak memenuhi syarat.

Permasalahan itu ditemukan, setelah Badan kepegawain daerah (BKD) Kota Kupang melakukan uji publik terhadap tenaga honorer yang akan diangkat menjadi PNSD. “Uji publik itu dilakukan sejak 1-27 April 2013,” kata Kepala BKD Kota Kupang, Ester Muhu, saat dengar pendapat dengan DPRD setempat belum lama ini.

Dari hasil uji publik itu terdapat 59 pengaduan terhadap tenaga honorer yang akan diangkat menjadi CPNSD. Permasalahannya antara lain, umur yang tidak penuhi syarat dan tidak miliki ijazah serta honor baru yang diakomodir sebagai CPNSD. “Sebanyak 59 aduan yang masuk. 35 yang penuhi syarat tidak diakomodir, namun 24 tidak penuhi syarat,” katanya.

Baca Juga :  Kisruh UN Jadi Bahan Unjuk Rasa Hardiknas

Anggota DPRD Kota Kupang, Irianus Rohi mengacam akan mendesak pimpinan DPRD untuk membentuk panitia khusus (Pansus) untuk menelusuri kecurangan perekrutan tenaga honorer menjadi CPNSD kategori II. “Kami akan bentuk pansus, karena kami menduga ada pihak yang bermain dengan data tenaga honorer,” katanya.

Kenyataannya, menurut dia, tenaga honor yang masa kerjanya sejak 2005 justru tidak diakomodir, sedangkan tenaga honorer yang masuk tahun 2010 diakomodir. “Ini jelas ada penipuan dan permainan,” tegasnya.

Anggota DPRD lainnya, Melki Balle menegaskan permasalahan ini masuk dalam kategori pemalsuan dokumen yang konsekuensinya tindak pidana. Jika terbukti ada permainan, maka oknum yang memalsukan harus dipidana sesuai aturan yang berlaku. “Ini pemalsuan dokumen. Jadi kalau terbukti, harus ada yang di penjara,” katanya. (Rif)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]