Home / Kesehatan / Pengiriman Ribuan Ribuan Lembar Kulit Hewan Ilegal Digagalkan

Pengiriman Ribuan Ribuan Lembar Kulit Hewan Ilegal Digagalkan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi Kulit Hewan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang, Kamis, 21 Februari 2012 menggagalkan pengiriman 3000 lembar kulit hewan ilegal, jenis kerbau dan sapi dari Timor Leste, yang hendak dikirim ke Surabaya, karena tidak mengantongi ijin resmi.

“Kami menahan pemiliknya dan menyita ribuan lembar kulit hewan yang tidak miliki dokumen resmi,” kata kata Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang, Ida Bagus Soma Wijaya.

Menurut dia, sejumlah dokumen yang wajib dimiliki orang-perorangan atau perusahaan yang melakukan kegiatan itu, yakni rekomendasi teknis kesehatan kulit hewan yang hendak dikirim tersebut serta surat keterangan bebas pengiriman dari Pemerintah RI. “Nah, surat-surat ini yang tidak dimiliki,” katanya.

Baca Juga :  Sehat itu “ PILIHAN” bukan “ KESEMPATAN” (2)

Walaupun diakuinya, surat keterangan sehat dari Pemerintah Timor Leste sudah dikantongi pemilik 30 ton kulit hewan itu. Namun, hanya foto copyan. Padahal, sesuai ketentuan surat aslinya harus diserahkan ke karantina. “Karena itu, kami akan lakukan pemeriksaan ulang kesehatan kulit hewan itu,” katanya.

Kulit hewan ini akan dikirim ke Surabaya, Jawa Timur untuk pembuatan sejumlah kerajinan, seperti jaket. Pemeriksaan itu dilakukan agar tidak terjadi penyebaran sejumlah penyakit yang berasal dari hewan ternak itu, seperti antraks. “Sampelnya, sedang kami periksa di laboratorium di balai pertanian Makasar. Kita masih menunggu hasilnya,” kata dia. (Arh)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]