Home / Pendidikan / Penyaluran BSM di NTT Salah Sasaran

Penyaluran BSM di NTT Salah Sasaran

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Sosialisasi BSm di Kupang

Sosialisasi BSm di Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Penyaluran Bantuan Siswa Miskin (BSM) oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama dinilai salah sasaran. Pasalnya, ditemukan penerima BSM di Nusa Tenggara Timur (NTT) bukan termasuk kategori orang miskin.

“Kami akui bahwa penyaluran BSM kepada siswa ada yang tidak tepat sasaran,” kata Direktur pembinaan SMK Kemndikbud Teguh Widodo saat acara sosialisasi program BSM di Kupang, Kamis, 22 Mei 2014.

Di NTT, menurut dia, dilaporkan sejumlah kasus yang ditemukan, karena tidak tepat sasaran. Sesuai ketentuan penerima BSM adalah masyarakat miskin yang memiliki kartu perlindungan sosial (KPS), PKH dan anak yatim piatu. “Faktanya ada siswa yang mampu menerima BSM itu,” katanya.

Baca Juga :  UN SMP di Kupang Berlangsung Aman

Walaupun tidak tepat sasaran, kata dia, penyaluran dana BSM juga masih sangat rendah. Di tingkat nasional penyalurannya baru sekitar 40 persen atau baru sekitar 5 juta lebih siswa yang menerima dari jumlah penerima tahun 2014 sebanyak 11,2 juta siswa. “Masih tersisa sekitar 6 juta lebih siswa yang belum mendafatar sebagai penerima BSM,” katanya.

Karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat pemegang KPS dan BKH untuk segera melaporkan mendaftar ke sekolah-sekolah sebagai penerima BSM. “Kalau ada orang tua penerima BSM, dan anaknya masih sekolah segera mendaftar sebagai penerima BSM,” pintanya.

Dia berharap dana BSM yang telah dialokasikan bagi siswa SD, SMP, SMA sederajat dapat terserap habis hingga akhir tahun ini. “Kami berharap agar dana bantuan ini tidak dikembalikan ke negara,” katanya.

Baca Juga :  40 Jurnalis di Kupang Ikut Pelatihan Jurnalisme Investigasi

Sementara itu, Tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K) Ari Perdana mengatakan jumlah penerima BSM di NTT hampir mencapai 1 juta siswa. Namun, penerima BSM baru sekitar 10 ribu siswa. “Masih banyak siswa miskn di NTT yang belum terdaftar sebagai penerima BSM,” katanya.(Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]