Home / Polkam / Perempuan Target Keterwakilan 15 Persen di Legislatif

Perempuan Target Keterwakilan 15 Persen di Legislatif

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Yovita Mitak

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan dan Anak Nusa Tenggara Timur (NTT), Yovita Mitak menargetkan keterwakilan perempuan di legislatif pada pemilu legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

“Target itu menjawab kuota keterwakilan perempuan 30 persen sebagai calon legislatif,” katanya pada acara workshop Rencana Strategi Perjuangan Politik Perempuan 2013- 2017 se- NTT di Kupang, Rabu 21 Februari 2013.

Menurut dia, perempuan selalu diabaikan dalam semua aspek. Suara perempuan baru didengar ketika ada moment politk, seperti pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Sehingga pergerakan dan perjuangan perempuan terputus dan tidak efisien.

Ini dapat terlihat dari keterwakilan perempuan di lembaga legislatif. Pemilu legislatif 2004, keterwakilan perempuan di legislatif seluruh NTT sebesar 10 persen, namun menurun menjadi 7,5 persen pada pemilu 2009.

Baca Juga :  Polda NTT Sita 24 Ribu Ton Miras

Ketua tim tujuh lokakarya, Sofia Melelak de Haan mengatakan perempuan NTT telah menyusun grand design peta politik yang akan diperjuangkan perempuan. “Grand design ini akan diluncurkan pada 8 Maret mendatang, bertepatan dengan peringatan HUT Perempuan Internasional,” katanya.

Anggota Tim Tujuh, Veronika Ata menyatakan, dengan adanya grand design ini, perempuan yakin dapat mencapai target 15 persen anggota legislatif. “Kami optimis, keterwakilan 15 persen perempuan di dewan pada pileg 2014 bisa tercapai,” katanya. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]