Home / Sosbud / Perjuangkan Pencemaran Laut Timor, Tanoni Terima Penghargaan

Perjuangkan Pencemaran Laut Timor, Tanoni Terima Penghargaan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ferdi Tanoni

Ferdi Tanoni

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ketua Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) Ferdi Tanoni diberikan penghargaan Nasional Untuk Keadilan Sipil (Civil Justice Award) 2013 dari Aliansi Pengacara Australia terkait dengan perjuangannya membela masyarakat kecil yang terdekan dampak pencemaran minyak di Laut Timor.

“Penghargaan itu diberikan Aliansi Pengacara Australia (ALA) di Canberra hari ini,” kata Ketua YPTB Ferdi Tanoni, Kamis, 24 Oktober 2013.

Dia mengaku telah berada di Sidney, Australia untuk menerima penghargaan itu. ALA dalam siaran persnya menyebutkan penghargaan itu hanya diberikan kepada mereka yang gigih dan komitmen memperjuangkan keadilan, kebebasan, dan hak-hak individu.

Meledaknya ladang minyak Montara pada 21 Agustus 2013 silam yang mencemari Laut Timor menjadi titik awal perjuangan Ferdi untuk membela hak-hak masayarakt kecil. Di Sidney, Tanoni mengakui dirinya juga memaparkan tentang kepada politisi dan jurnalis tentang nasib warga Timor Barat di pesisir Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga :  Kapal Wisata Tenggelam Di Labuan Bajo, 19 Penumpang Selamat

Ferdi menyebutkan sedikitnya 18 warga di wilayah pesisir NTT telah meninggal secara misterius dalam waktu yang berbeda-beda, akibat pencemaran Laut Timor itu. “Banyak warga yang mengalami gangguan kesehatan dan kesulitan ekonomi akibat pencematan itu,” katanya.

Pencemaran itu juga menyebabkan nelayan di NTT mulai kehilangan mata pencaharian, karena menurunnya hasil tangkapan. “Ada yang beralih profesi, ada pula yang pindah ke provinsi lain,” katanya.

Karena itu, Tanoni berharap dunia internasional dapat membuka mata melihat masalah ini untuk mencari langkah penyelesaiannya guna menyelamatkan masyarakat kecil di wilayah pesisir NTT yang terkena dampak langsung dari pencemaran tersebut. “Sudah empat tahun warga pesisir NTT sengsara dengan petaka ini,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]