Home / Sosbud / Pesawat Terbakar di El Tari, Enam Orang Tewas

Pesawat Terbakar di El Tari, Enam Orang Tewas

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pesawat Sasando Air dari Jakarta menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, 14 November 2018 gagal mendarat dan terbakar di Bandara El Tari Kupang. Akibatnya enam penumpang pesawat itu tewas.

Pesawat foker 100 PK-Koe yang mengangkuta 102 penumpang itu terhempas di sekitar landasan pacu saat mendarat di Bandara El Tari Kupang. Akibatnya pesawat dengan Nomor penerbangan SA 100 itu mengeluarkan kobaran api dan terbakar, penumpang dan crew berhamburan keluar pesawat untuk menyelamatkan diri.

Enam penumpang diantaranya dinyatakan meninggal dunia, 15 lainnya mengalami luka berat, 20 alami luka sedang, dan 21 penumpang lainnya mengalami luka ringan.

Setelah dilakukan pemadaman pesawat yang terbakar, petugas langsung mengevakuasi korban dan penumpang yang selamat. Korban kecelakaan pesawat tersebut ditangani sesuai prosedur penanganan korban saat kejadian darurat.

Baca Juga :  Gempa 5,6 SR Guncang Sumba, Warga Panik

Begitulah skenario simulasi penanggulangan keadaan darurat ke-100 PT Angkasa Pura I. Latihan itu melibatkan 600 personil angkasa pura, TNI-Polri, Basarnas, serta instansi terkait.

Direktur Operasional Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Wendo Asrul Rose mengatakan kegiatan ini yang keseratus yang digelar AP I dalam menanggulangi keadaan darurat penerbangan.

“Dlam exercise ini ada tiga kegiatan yang kita laksanakan, yakni fire buillding exercise, security exercise dan air crash acident,” katanya.

Simulasi ini, menurut dua, guna mengetahui. sejauh mana kesiapan AP dan semua pihak terkait hadapi keadaan darurat penerbangan. “Latihan biasa dilakukan siang hari. Namun saat ini kami lakukan pada malam hari,” katanya.

Pelatihan penanganan kondisi darurat ini akan dilakukan secara berkala untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando antar unit sesuai dokumen penanggulangan keadaan darurat Bandara atau airport plan document. (*/Ado)

Share Button
Baca Juga :  Warga Eks Tim-tim Tagih Janji Hak Atas Tanah

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]