Home / Polkam / PGI: Pendeta Dilarang Terlibat Tim Sukses Pilkada

PGI: Pendeta Dilarang Terlibat Tim Sukses Pilkada

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Panitia GBI sedang memberikan keterangan pers terkait sidang majelis PGI di KupangNTTTERKINI.COM, Kupang – Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia A. Yewangoe mengingatkan pendeta di seluruh Indonesia agar tidak terlibat dalam politik praktis. Apalagi sebagai tim sukses salah pasangan calon pemilu kepala daerah.

“Gereja jangan terjebak dalam politik praktis. Pendeta juga jangan terlibat sebagai tim sukses,” kata Yewangoe saat menggelar konferensi pers terkait sidang majelis pekerja lengkap PGI tahun 2013 di Kupang, Rabu, 23 Januari 2013.

Selama ini, menurut dia, ayat-ayat alkitab sering dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan Pilkada. “Saya tidak heran. Jika ayat-ayat alkitab sering di manipulasi untuk kepentingan Pilkada,” katanya.

Jika ditemukan adanya pendeta yang terlibat sebagai tim sukses, maka pendeta itu mengatasnamakan dirinya atau oknum tidak mewakili gereja, karena gereja akan kehilangan arah untuk membela semua orang yang punya hak untuk berbicara.

Baca Juga :  Mahasiswi PGRI Ditemukan Tewas Dalam Kamar Kos

Dia mencontohkan, Pilkada Jakarta yang dilaksanakan beberapa bulan lalu, ayat-ayat alkitab dan alquran telah dimanipulasi untuk kepentingan Pilkada. Karena itu, dia mengingatkan agar kasus seperti ini, tidak terjadi saat Pilkada Gubernur NTT yang akan digelar pada 18 Maret 2013 mendatang. “Harusnya hal seperti itu tidak boleh terjadi,” katanya.

Gereja, kata dia, harusnya menggelorakan politik moral agar didengar, diatati dan dihargai. “Harga gereja akan hilang, jika terlibat dalam politik praktis,” katanya.

Namun, tambahnya, di saat kritis, gereja boleh terlibat politik praktis, bila perlu dilakukan unjuk rasa untuk membela kepentingan umum atau kepentingan negara. “Jika negara terancam runtuh dari berbagai hal, gereja perlu terlibat. Bila perlu pimpim Demo,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]