Home / Polkam / Pilkada Serentak, Data E-KTP di NTT Masih Bermasalah

Pilkada Serentak, Data E-KTP di NTT Masih Bermasalah

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Rakor Bupati/ Wali Kota se-NTT

Rakor Bupati/ Wali Kota se-NTT

NTTTERKINI.COM Kupang – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Leburaya mengatakan dalam persiapan memasuki masa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan 10 Kabupaten secara serentak masih terkendala data penduduk yang memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

“Perlu saya ingatkan, pelayanan bagi pemilih yang menggunakan e-KTP masih ada masalah, baik perekaman dan pendistribusian harus segera diselesaikan,” kata Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Rabu, 15 November 2017.

Terkait persoalan e-KTP, menurut dia, Data Pemilih Sementara (DPS) selalu bermasalah saat ditetapkan, persoalannya yakni masih ditemukan adanya pendobelan nama, data orang meninggal masih tercatat, sementara ada data warga yang tidak tercatat dan tidak termasuk dalam DPS, namun justru adalah warga setempat.

Baca Juga :  Golkar Belum Tetapkan Cagub atau Cawagub NTT

“Data pemilih sementara harus disiapkan dan sosialisasikan sebaik-baiknya agar semua warga dapat menggunakan hak pilihnya,” tambah Frans.

Persiapan penyelenggaraan Pilkada harus dipastikan sukses dan berjalan lancar, seperti Komisi Pemiluhan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan institusi keamanan harus bekerjasama guna menjamin kelancaran dan keamanan.

Perlu juga memetakan secara dini titik-titik rawan untuk menjaga suasana kondusif dengan melibatkan berbagai komponen yakni tokoh agama, tokon masyarakat maupun lembaga keagamaan, karena sesuai pengalaman pada Pilkada sebelumnya selalu terjadi gesekan meski bisa diatasi.

“Kami berharap pilkada di 2018 lebih baik, gesekan yang ada dapat di cegah sebelum pilkada. Segera identifikasi titik rawan dan pengamanan perlu di tingkatkan,” ujarnya. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]