Home / Ekbis / PLN Operasikan PLTU Bolok

PLN Operasikan PLTU Bolok

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Maket PLTU

Maket PLTU

NTTTERKINI.COM, Kupang – PT PLN (Persero) secara resmi mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang dengan kapasitas 16,5 Mega Watt (MW).

“NTT menjadi daerah kelima dari 18 Provinsi di Indonesia Timur yang sudah memiliki PLTU,” kata Direktur Operasi Indonesia Timur PT PLN (Persero), Vickner Sinaga di Kupang, Kamis, 3 Oktober 2013.

Sebelumnya terdapat empat PLTU yang sudah beroperasi yakni PLTU Kendari, Sulawesi Tenggara, PLTU Amurang, Sulawesi Utara, PLTU Asam-asam, Kalimantan Selatan dan PLTU Barru, Sulawesi Selatan.

Kehadiran PLTU ini, menurut dia, akan menjadi solusi tingginya kebutuhan listrik di NTT, khususnya di daratan Timor. “Karena itu, saya minta agar masyarakat turut menjaga PLTU ini,” pintanya.

Baca Juga :  Penerima BLSM di NTT Belum Diketahui

General Manager PLN NTT, Richard Safkaur mengatakan, PLTU Bolok merupakan satu dari dua PLTU di NTT yang merupakan bagian dari Proyek Percepatan 10.000 MW yang dinamai PLTU 2 NTT dengan kapasitas 2×16,5 MW. Sedangkan PLTU 1 NTT, kapasitas 2×7 MW berlokasi di Desa Ropa, Kabupaten Ende. “PLTU Ropa ini akan menyusul beropersi dalam waktu dekat ini,” katanya.

Namun, diakuinya PLTU Bolok ini belum beroperasi maksimal, karena satu unit mesin dengan kapasitas 16,5 MW belum bisa dimanfaatkan optimal untuk kebutuhan listrik Kota Kupang dan sekitarnya, karena transmisi 70 kV, belum terhubung. “Pembangunan tower 51, masih bermasalah, sehingga butuh waktu untuk menarik kawat yang menghubungkan seluruh 54 tower antara Bolok hingga Gardu Induk di Maulafa,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]