Home / Ekbis / PLTU Ropa Ende Beroperasi Tahun Ini

PLTU Ropa Ende Beroperasi Tahun Ini

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

GM PLN NTT Ricard Safkaur

NTTTERKINI.COM, Ende – PT PLN Persero segera mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ropa di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2013 ini. “Pengoperasian PLTU Bolok dan Ropa sudah masuk dalam rencana kerja PLN tahun 2013,” kata General Manajer PT PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur, Senin 4 Februari 2013.

Dalam rencana kerja PLN tahun ini, menurut dia, PLTU Ropa harus sudah memproduksi listrik seperti PLTP Ulumbu dan PLTP Mataloko untuk mendukung pasokan listrik di daratan Flores.

“Khusus untuk Ropa akan menghasilkan pasokan listrik 2 x 14,5 Mega watt juga sudah dalam rencana uji coba. Batu baranya sudah ada di lokasi,” katanya.

Baca Juga :  Tarian Gawi Massal Meriahkan Hari Lahir Pancasila

Saat ini, katanya, PLTU Ropa sedang dilakukan persiapan pemanasan boiler, sehingga bisa terinterkoneksi dengan PLTP Ulumbu dan PLTP Mataloko. Sedangkan dengan PLTM di Ndungga, akan dilakukan setelah proyeknya selesai.

Sesuai rencana layanan listrik di sebagian kabupaten di Daratan Flores sudah bisa berjalan baik, setelah dibangunnya interkoneksi antara Ruteng, Labuan Bajo, Ende, Bajawa dan Maumere. “Diharapkan sebelum akhir tahun 2013 ini, interkoneksi itu sudah berjalan, guna memasok kebutuhan listrik masyarakat,” katanya.

PLN telah mengoperasikan PLTU Ulumbu sejak akhir tahun 2011 lalu. Untuk tahap pertama sudah dimanfaatkan 2 x 2,5 Mega Watt dari 4×2,5 Mega Watt daya listrik yang direncanakan. Namun, PLN masih menyisakan satu pekerjaaan yakni pembangunan Pembangkit Listrik Mini Hidro (PLMH) di Ndungga, Kabupaten Ende, yang sedang dipersiapkan pembangunan power house-nya. “Kami optimis pembangunan PLTMH di Ndungga bisa selesai tahun ini,” katanya. (Avi)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]