Home / Hukrim / Polda NTT Amankan 18 kg Narkoba dari Timor Leste

Polda NTT Amankan 18 kg Narkoba dari Timor Leste

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kapolda NTT Brigjen Pol Ricky Sitohang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tahun 2012 berhasil menyita lebih dari 18 kilogram (kg) narkoda bernilai miliaran rupiah yang diselundupkan dari negara tetangga Timor Leste.

Penyitaan yang dilakukan aparat kepolisian berjumlah sekitar 9,3 ton, 6,2 ton dan terakhir 2,9 ton. “Sekitar 18 kg Narkoba yang diamankan dari Timor Leste,” kata Kapolda NTT Brigadir Jenderal Ricky Sitohang kepada wartawan, Rabu, 2 Januari 2013.

Narkoba yang berhasil diamankan, menurut dia, terbanyak adalah jenis sabu-sabu dan pil. Namun, jumlah narkoba yang disita lebih sedikit dari yang lolos masuk ke wilayah NTT. “Yang lolos diperkirakan tiga atau empat kali lipat dari jumlah yang ada,” katanya.

Baca Juga :  Esthon-Paul No 1, Frenly No 4

Diakuinya, aparat kepolisian sangat sulit mendeteksi gerakan para penyelundup, karena wilayah NTT terdiri dari pulau-pulau sehingga aktivitas penyelundupan bisa dilakukan melalui laut.

Selain itu, garis wilayah perbatasan NTT dan Timor Leste yang cukup panjang tidak bisa diawasi seluruhnya oleh aparat kepolisian. Kondisi inilah yang membuat para penyelundup selalu mencari celah-celah untuk meloloskan barang haram mereka itu ke wilayah NTT. “Banyak jalan-jalan tikus di sepanjang garis perbatasan dan wilayah perairan yang sering digunakan penyeludup,” katanya.

Karena itu, pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan dan pengamanan untuk mencegah masuknya narkoba ke wilayah Timor Barat ini. “Kami akan koordinasi dengan TNI dan Pemda untuk perketat pengawasan di perbatasan kedua negara,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]