Home / Hukrim / Polda NTT Gandeng Satgas Mabes Polri Tangkap Pelaku TPPO

Polda NTT Gandeng Satgas Mabes Polri Tangkap Pelaku TPPO

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepolisian daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Satuan tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Mabes Polri menangkap pelaku TPPO di rumah pelaku AP alias A (49) yang beralamat di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pelaku ditangkap terkait kasus pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal, Maria Barkanis (17) asal Kecamatan Neomuti, Timor Tengah Utara yang direkrut seorang perempuan berinisial TN (40) pada 22 Juni 2016 lalu.

“Pelaku ditangkap dikediamannya pada Jumat, 21 Juli 2017 malam,” kata Kepala bidang Humas Polda NTT Komisaris Besar Jules Abraham Abast, Kamis, 27 Juli 2017.

Korban direkrut oleh TN dari Kupang dan di jemput di terminal bus oleh IAK (39) dan langsung dibawa ke rumah Hasan dan menginap dirumahnya selama sehari kemudian pada 24 Juni 2016 korban diberangkatkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Lion air yang dibiayai oleh IAK.

Baca Juga :  Polisi Temukan Bom Aktif di Adonara

Tiba di Jakarta korban dijemput AP Dirut PT. GTB dan dibawa ke tempat penampungan selama 2 hari sambil menunggu majikan di Jakarta yang akan datang menjemput korban. Namun pada 26 Juni 2016 korban dipulangkan kembali ke Kupang atas desakan dan permintaan orang tua korban.

Saat ini proses penyidikan terhadao tersangka AP masih dilakukan pendalaman. Sedangkan terhadap kedua pelaku lainnya telah diproses hukum di Pengadilan Negeri (PN) Kefamenanu.

“Tersangka diduga melanggar UU No 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang,” kata Jules. (*/Ado/Tribarta)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]