Home / Hukrim / Polda NTT Musnahkan Ribuan Liter Miras dan Narkotika

Polda NTT Musnahkan Ribuan Liter Miras dan Narkotika

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Miras yang dimusnahkan di Polda NTT

Miras yang dimusnahkan di Polda NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepolisian daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) memusnahkan ribuan butir narkotika, dan ribuan liter minuman keras (Miras) tradisional, Selasa, 15 Agustus 2017 yang diamankan selama operasi penyakit masyarakat (Pekat).

Barang bukti yang dimusnahkan itu, diantaranya obat Somadril 1.430 butir, Tramadol 539 butir, Valesambe 6 tablet, metadon cair sebanyak 480 mil, Ganja 27 paket, Shabu-sabu 7 gram, dan Miras golongan A sebanyak 6.123 botol, Miras golongan B sebanyak 1.680 botol, Miras lokal (moke/sopi) sebanyak 2.049 liter.

“Pemusnahan barang sitaan ini sudah atas persetujuan pihak kejaksaan dan pengadilan,” kata Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Turman Siregar.

Adapun barang bukti sitaan ini, lanjut Turman, sebagai hasil sitaan selama tahun 2017 dan sisa hasil sitaan dalam tahun 2016 saat melakukan operasi pekat. “Melalui pemusnahan ini, kami berikan penegasan dan penyadaran bagi masyarakat agar tidak sewenang-wenang dalam menggunakan narkotika dan meneguk minuman keras, serta harus menjauhi miras dan narkoba,” tegas Turman.

Baca Juga :  Polda NTT Sita 24 Ribu Ton Miras

Kapolda NTT Inspektur Jenderal Agung Sabar Santoso mengatakan pemusnahan barang sitaan miras dan narkoba menunjukkan konsisten Polda NTT dalam penegakan aturan dan membuktikan kepada masyarakat agar tidak menyalahgunakan narkoba dan miras.

“Sudah banyak masyarakat yang menjadi korban akibat meneguk miras yang berlebihan, serta telah menjadi pecandu narkoba, dan sangat membahayakan diri sendiri serta merusak nama baik keluarga dan meresahkan masyarakat,” ungkap Sabar.

Karena itu, dia meminta kepada semua pihak dalam mendukung Polda NTT memberantas narkoba dan miras, termasuk pada wilayah perbatasan NKRI-Timor Leste. “Wilayah perbatasan sangat rentan terhadap peredaran narkoba, sehingga perlu kerjasama yang solid dari semua pihak, karena aksi penyelundupan narkoba dari wilayah Timor Leste sangat rentan terjadi, sehingga harus dicegah,” ungkap Sabar.

Baca Juga :  Pemukulan Mahasiswa, Wakapolda NTT Minta Maaf

Dia berharap agar masyarakat NTT semakin sadar dan membebaskan dari penyalahgunaan narkoba dan menjauhi miras. “Kami akan menindak tegas siapapun yang menyalahgunakan narkoba dan minuman keras sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Sabar.

Barang sitaan jenis narkotika dibakar, sementara barang sitaan miras digilas menggunakan alat berat. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]