Home / Hukrim / Polda NTT Sita 24 Ribu Ton Miras

Polda NTT Sita 24 Ribu Ton Miras

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kapolda NTT Brigjen Pol Ricky Sitohang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Aparat kepolisian daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tahun 2012 berhasil menyita 24 ribu ton minuman keras (Miras), guna meminimalisir kriminalitas yang terjadi di wilayah itu. “Sekitar 24 ribu ton miras yang berhasil kami sita,” kata Kapolda NTT Brigadir Jenderal Ricky Sitohang di Kupang, Rabu, 2 Januari 2013.

Penyitaan terakhir, menurut dia, sebanyak 4,8 ribu ton miras tradisional yang diangkut dari Kisar, Maluku Tenggara Barat. Operasi miras ini, katanya, akan terus dilakukan, untuk mencegah munculnya tindakan kriminal maupun jatuhnya korban jiwa, karena kecelakaan, sebagai dampak dari mengkonsumsi minuman keras. “Banyak dampak tindakan kriminaltas dari minuman keras,” katanya.

Baca Juga :  Sambut Sail Komodo, Kota Kupang di Percantik

Dia menegaskan tidak ada alasan yang membenarkan masyarakat menjual miras, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. “Alasan ekonomipun saya tidak ada akan mentolerir. Jangankan satu liter, satu tetespun, saya tidak akan izinkan miras beredar di daerah ini,” katanya.

Ricky mengakui adanya budaya orang NTT yang menjual miras untuk memenuhi kebutuhan hidup, atau perayaan adat. Namun, memproduksi miras untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga yang hidup hanya enam orang, sedangkan akibatnya bisa merengut 50 nyawa karena mabuk. “Sekarang, kita memilih enam orang atau 50 orang. Saya akan memilih menyelamatkan 50 orang nyawa, ketimbang enam orang,” katanya.

Dia berjanji akan menyita dan menghentikan produksi miras yang masih beroperasi di NTT sampai saat ini. “Kami akan geledah tempat-tempat produksi miras tradisional,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]